Thursday, June 14, 2018

Rekomendasi Tempat Servis Kamera dan Koper di Jakarta

Kamera dan koper, dua perlengkapan yang sering dibawa saat melakukan perjalanan. Seiring dengan berjalannya waktu dua barang ini bisa saja rusak. Berhubung saya cukup kesulitan saat mencari rekomendasi tempat untuk servis kamera dan koper ketika keduanya bermasalah, saya mau share di sini supaya kalau ada yang membutuhkan bisa menemukan infonya dengan mudah.

Disclaimer: foto ini gak ada hubungannya dengan tulisan, supaya thumbnail post-nya bagus aja :p Ini di Hallstat, btw.

Servis Kamera
Saat liburan ke Beijing, adik saya lapor kalo hasil foto dengan kamera saya ada bintik-bintik hitam di semua fotonya. Berikut contohnya.

Temple of Heaven dengan bercak hitam

Waktu itu saya langsung cranky dan marahin adik saya berhubung sebulan sebelumnya saat kamera tersebut saya bawa liburan ke Beijing masih berfungsi dengan normal. Saat liat fotonya saya langsung mikir kalo lensanya kotor, tapi adik saya bilang dia udah lap dengan lap kacamata (fiber) tapi masih ada bercak hitamnya. Kemudian saya googling dan katanya ada kemungkinan optik kameranya kotor dan perlu dibersihin.

Setelah baca di salah satu forum, saya bawa kameranya ke Toko Kurnia Camera Service yang terletak di Pasar Baru. Jauh banget dari rumah saya sebenernya ini Pasar Baru, tapi katanya hasilnya ok. Jadilah saya dan adik saya ke sana. Agak susah cari lokasinya karena hasil pencarian di Google Maps tidak mengarahkan ke tempat yang benar.

Begitu ketemu tempatnya, langsung bilang ke Mbak-nya tentang masalah kamera. Ternyata bener karena dalemnya kotor. Berhubung termasuk mudah pengerjaannya, jadi kamera saya langsung dibersihin sama Kokoh-nya (ini kayaknya yang punya). Dia sebenernya lagi ngerjain kamera lain, tapi break sebentar untuk bersihin kamera saya. Yang dibersihin adalah bagian dalam kamera (ada optik berupa cermin) dengan menggunakan kapas yang dililit di ujung lidi dengan cairan biru (entah itu apa, katanya susah dapetnya). Kokoh-nya juga sekalian bersihin lensa bagian atas dan bawah (yang sama-sama terbuat dari kaca) dengan cairan yang sama. Saya iseng nanya bisa bersihin 1 lensa lagi apa nggak, ternyata boleh :D


Toko Kurnia Camera Service Pasar Baru

Setelah bersih, saya disuruh tes foto ke luar gedung (cari tempat yang cahayanya banyak). Setelah jelas bercak hitamnya sudah tidak muncul lagi, saya kembali ke atas dan bayar Rp75.000 untuk servisnya.

Test photo — tanpa bercak!

FYI masalah kayak gini kejadian karena kamera kemasukan debu, kemungkinan besar pas saya ganti lensa. Ini karena saya termasuk ribet kalo pake kamera pas liburan berhubung suka ganti lensa antara XF 35mm f/1.4 dan XF 14mm f/2.8, jadinya setelah beberapa bulan suka kotor lagi dan kembali ke Toko Kurnia. Saya rekomendasikan toko ini jika kalian menemukan masalah yang sama dengan kamera kalian. Kalo ada masalah yang lebih berat juga bisa coba dibawa ke sana dulu untuk dicek.

Berikut saya lampirin petanya supaya nggak bingung karena seperti saya bilang tadi lokasi di Google Maps kurang akurat. Kalo bawa mobil dan susah parkir, bisa parkir di gedung seberang lalu nyebrang lewat jembatan penyebrangan.

Lokasi Toko Kurnia Camera Service

Tokonya ada di dalam gedung Pasar Jaya (yang sebelah kiri)

Toko Kurnia Camera Service
Metro Atom – Gedung Pasar Jaya Lantai II

Servis Koper
Koper Ayah sayang banget 4 tahun lalu sampe nggak mau digeret di cobblestone akhirnya rada rusak beberapa bulan terakhir. Kenapa saya bilang rada? Karena sebenernya masih bisa dipake, tapi agak tidak normal. Kalo digeret sideway dengan tangan kiri, bisa berjalan dengan mulus. Tapi kalo digeret sideway-nya pake tangan kanan, rada seret gitu jalannya. Setelah saya cek, ternyata ada 1 roda yang bermasalah. Rodanya udah agak longgar jadi dia tidak berputar di poros yang posisinya fixed (porosnya bisa gerak ke kanan-kiri, makanya seret kalo dia jadi roda tumpuan untuk jalan). Sotoy bener kesannya, tapi beneran kok karena begitu dibawa ke toko servis petugasnya bilang demikian.

Roda yang rusak

Sebelum memilih toko, saya melakukan riset seadanya dan menemukan beberapa pilihan: Gloria TAS, Laba-Laba, dan Captain Fix. Gloria TAS ini ada di Hayam Wuruk tokonya, Laba-Laba punya beberapa cabang dan yang paling deket rumah saya adalah di Pondok Indah – sama dengan Captain Fix.

Berhubung butuh servis kopernya cepat karena mau dibawa keNorway waktu itu, saya langsung ke Pondok Indah. Toko yang pertama ditemuin adalah Captain Fix, jadi berhenti di sana untuk cek bisa dibenerin atau nggak. Ternyata bisa dan bisa ditunggu pula! Cepet mereka benerinnya, sekitar 30 menit aja.

Captain Fix Pondok Indah

Harga servisnya Rp150.000 per roda. Berhubung mesti 1 set roda belakang yang dibenerin, jadi saya bayar Rp300.000. Ada diskon 10% kalo bayar langsung, jadi saya bayar Rp270.000. FYI mereka menerima pembayaran dengan kartu kredit juga. Ada garansi 1 bulan sejak tanggal reparasi, jadi kalo kopernya bermasalah bisa balik lagi ke sana.

Captain Fix
Jalan Sultan Iskandar Muda No. 16 A, Kebayoran Lama

Lokasi Captain Fix Pondok Indah

Toko Captain Fix Pondok Indah

Semoga kedua rekomendasi saya ini bermanfaat buat kalian yang perlu servis kamera dan koper ya. Untuk koper, ada tempat yang lebih kalian rekomendasikan kah (terutama dalam hal harga karena rasanya itu kemahalan hahaha)?

Ngomong-ngomong berhubung sudah mau Idulfitri, saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan maupun perbuatan ya. Selamat berketupat ria!

5 comments:

  1. kak aku abis riset juga nemu murah banget 5000 perak buat perbaikin roda, namanya TigaRoda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie riset nih mainannya sekarang mentang-mentang S2 di Belanda :)

      Iya Kes TigaRoda boleh deh suka-suka. Lo kangen ya sama gue akhirnya bersuara lagi di sini setelah bertahun-tahun :')

      Delete
  2. Amazing, cool post. I'd like to compose like this as well – requiring some investment and genuine diligent work to make an awesome article… however I put things off a lot of and never appear to begin. Much obliged however.
    pinoy tv
    pinoy online
    pinoy org

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas informasi tempat servis kamera dan kopernya. bermanfaat.

    ReplyDelete