Tuesday, June 19, 2018

Menghabiskan Libur Cuti Bersama Lebaran 2018

Hari ini merupakan hari terakhir cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1439 H. Walaupun pemerintah akhirnya memutuskan cuti bersama jatuh pada tanggal 11 – 20 Juni 2018 (setelah labil), kantor saya mengikuti jadwal cuti bersama yang awal, yakni 13 – 19 Juni 2018.

Bersama Keluarga
Ngapain aja selama cuti bersama tahun ini? Kalau tahun lalu saya berangkat ke Eropa di hari Lebaran sampai seminggu setelahnya tanpa mengurangi jatah cuti, tahun ini saya di rumah aja kumpul bareng keluarga (well, actually banyakan tidur-tiduran di kasurnya sih :p). Walaupun ada libur 7 hari, saya mengharuskan diri sendiri untuk Idulfitri di rumah sehingga waktu liburnya jadi cuma 5 hari. Udah gitu tiket pesawat ke Kuala Lumpur atau Singapore hampir 3 juta PP dengan pesawat low cost (AirAsia, Jetstar, dll). Akhirnya memutuskan untuk nggak pergi kemana-mana deh. Tahun ini udah keseringan pergi juga, jadi rusak deh resolusi tahun ini. Bilangnya mau kurangin liburan dan fokus nabung, tapi di semester pertama tahun ini aja tiap bulan pergi terus… :(

Pas saya bilang ke Ayah sama Mama kalo tahun ini nggak kemana-mana, reaksi mereka:
  • “Ah yang bener?”
  • “Kamu nggak tiba-tiba berangkat lagi kayak tahun lalu?”
  • “Habis makan ketupat mau ngambil koper di atas ya, Kak?” —> ini becandain apa yang saya lakukan tahun lalu
Saya ketawa aja dengerin ucapan mereka. Anaknya tiba-tiba liburan, pada kaget (sebentar doang tapi sih). Giliran nggak kemana-mana malah digodain terus. Hadeeh.

Nggak pernah kompak kalo urusan baju Lebaran

Menjadi Produktif
Karena banyak menghabiskan waktu di rumah, liburan kali ini produktif sekali! Ada beberapa tulisan untuk blog yang sudah dibuat, jadi dalam beberapa waktu ke depan akan muncul tulisan baru dengan frekuensi yang rutin. Udah gitu I finally managed to finish updating certain document that I’ve been procrastinating since months ago! Phew. Yay for productivity!

Video Perjalanan
Speaking of productivity, di awal libur cuti bersama saya tersadarkan akan banyaknya video hasil selama liburan. Niat awalnya sih mau buat vlog ala-ala tiap destinasi gitu berhubung lagi nge-trend, tapi selalu gagal karena nggak pernah tau harus ngomong apa. Alhasil malah cuma bisa ngerekam “Hello from…” atau “Greetings from…” pas ada muka saya di video. Sisanya footage pemandangan dan situasi selama saya liburan.

Dari potongan-potongan video tersebut, saya jadi kepikiran untuk buat semacem video recap perjalanan gitu yang terinspirasi dari salah satu travel vlogger, Kara and Nate. Momennya pas juga yakni setelah saya mengunjungi Laos yang merupakan negara ke-50 yang saya kunjungi. Hore!

Berbekal iMovie dan pengetahuan dasar tentang edit video yang saya dapat selama pelajaran Sinematografi di SMA, saya membuat recap atau highlight perjalanan liburan saya. Well, nggak highlight juga sih sebenarnya karena video yang tersedia cuma diambil dari tahun 2016 aja. Overall saya suka sama videonya (yaiyalah orang saya yang bikin). Berikut video-nya:


Please like, comment, share, and subscribe to my channel yah. Nope, kidding. Udah bikin kontennya susah, editnya lebih susah lagi. Sepertinya saya nggak akan upload video lagi dalam waktu dekat. No need to subscribe, then. Like dan comment masih disarankan sih tapi :p

Ini contoh video-nya Kara and Nate:


The Office
Update terakhir: saya mulai nonton The Office yang versi US dan so far sukaa! Ini karena belakangan saya lagi sering pake meme Steve Carell (tokoh utama di series-nya) di Slack (semacem WhatsApp/ Line — messaging platform di kantor) ketika ada orang yang mengirim pesan dan/ atau kasih ide yang tidak wajar. Berikut meme-nya yang saya encourage kalian untuk simpan dan pakai juga.

Ini versi singkat

Ini versi lengkap

Sesuai judulnya, settingan series komedi ini adalah di kantor. Sebagai pegawai kantoran, banyak hal yang relatable begitu nonton ini. Udah gitu cast-nya ekspresif banget, jadi bikin makin lucu. Sebagai penggemar berat Veep, menurut saya The Office ini level lucunya belum setinggi Veep (dan dibuktikan dengan jumlah Emmy yang dimenangkan untuk kategori Outstanding Comedy Series masih banyakan Veep, yakni 3 vs 1 — yup, saya orang yang menggunakan awards untuk menentukan bagu atau tidaknya suatu acara). Tapi karena situasinya yang sangat relatable (dialog-nya yang bitter dan sarkas — my favorite kinds of dialogue :p), casts-nya, serta camera works-nya (!!), saya betah nontonnya. Baru selesai nonton sampe finale season 3 dan akan mulai season 4 sebentar lagi. Woohoo! (lupa besok udah masuk kerja ceritanya).

The Office Casts (source)

Habis ini udah nggak ada cuti bersama dengan durasi panjang lagi nih, jadi mesti nunggu Lebaran tahun depan buat liburan panjang tanpa memotong jatah cuti. Bagaimana kalian menghabiskan liburan cuti bersama Idulfitri tahun ini? Semoga menyenangkan dan berkesan ya!

9 comments:

  1. happy eid mubarak Ky, salam buat keluarga :)

    ReplyDelete
  2. Much obliged for your knowledge for your incredible posting. I'm happy I have set aside an ideal opportunity to see this.
    pinoy tv
    pinoy online
    pinoy org

    ReplyDelete
  3. Happy eid mubarak, sukses terus ya

    ReplyDelete
  4. Momen pas bersama keluarga saat libur lebaran,,,Happy eid mubarak.

    ReplyDelete
  5. Ngikutin dr masih pake domain blogspot. Skrg udh bikin vlog! Wah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thanks masih ikutin blog ini sampe sekarang :D Bukan vlog btw, video ala-ala doang itu mah :p

      Delete
  6. udah ngikutin dari jaman kapan ya sama blog ini. Keren!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! Semoga tetep betah baca blog ini ya :D

      Delete