Monday, October 5, 2015

Itinerary dan Biaya Liburan di Berlin

Setelah di post sebelumnya saya menceritakan bagaimana saya memaksimalkan waktu yang saya miliki di Berlin dengan gaya jalan-jalan yang snap and go, sekarang saya mau berbagi tentang itinerary dan biaya yang dikeluarkan selama di sana serta beberapa info tentang akomodasi, transportasi, makanan, objek wisata, serta tips-tips lainnya.
Brandenburger Tor, Berlin

Pertama-tama, kenapa saya memilih Berlin? Kalo saya baca cerita orang Indonesia yang melaksanakan Euro Trip pertama kali, kebanyakan kalo ke Jerman itu milihnya Cologne (Köln) yang bisa ditempuh selama 2-3 jam dari Amsterdam dengan Thalys atau Munich. Jarang yang ke Berlin karena lokasinya deket dengan Eropa bagian timur, yang mana jarang dijamah oleh Europe first timer. Sebenernya ini udah saya ceritain sih di sini dan di sini. Saya memilih Berlin karena perayaan tahun barunya merupakan salah satu yang paling meriah di negara yang menerima visa Schengen dan saya mau mengunjungi Brandenburger Tor.

ITINERARY
Saya merekomendasikan untuk menghabiskan setidaknya 2 hari di Berlin dengan itinerary seperti berikut.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman  2 hari

Namun saya sendiri kemaren cuma punya waktu 1 hari sehingga cukup padat dan jadinya snap and go aja. Itinerary saya kemaren sendiri kurang lebih seperti ini.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman

PENGELUARAN
Gimana dengan pengeluaran? Kurang lebih seperti ini selama di Berlin
Date Amount (EUR) Amount (EUR) Category Notes
31-Dec-14 6.7 101,515 Transport Berlin AB Unlimited Pass
31-Dec-14 26.25 397,740 Accommodation Happy Go Lucky Hostel Berlin
31-Dec-14 9.49 143,788 Food Lunch KFC
31-Dec-14 9 136,364 Gift Primark
31-Dec-14 17 257,576 Gift Sepatu Primark
31-Dec-14 1.95 29,545 Gift Magnet Berlin
1-Jan-15 3.3 50,000 Transportation S-Bahn Charlottenburg – Schönefeld Airport
TOTAL 73.69 1,116,528 Kurs saat input expense di Trail Wallet
(1 EUR = 15,152)

AKOMODASI
Berhubung saya bakal nginep di malem tahun baru dan baru mesen 2 bulan sebelumnya, pilihan hostel yang murah dan ratingnya bagus di Hostelworld udah nggak begitu banyak. Setelah membandingkan dengan sangat teliti, saya menjatuhkan pilihan ke Happy Go Lucky Hostel. Kenapa? Karena salah satu yang paling murah waktu itu dan walaupun lokasinya yang agak jauh dari pusat kota (tepatnya di Charlottenburg), tapi deket banget dari exit stasiun keretanya. Bagi saya lokasi penginapan yang deket dengan exit stasiun ini penting biar nggak capek jalan lagi dari stasiun abis seharian eksplor sebuah kota.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-3 happy go lucky hostel charlottenburg
Pemandangan dari kamar. Stasiun Charlottenburg-nya yang ada di belakang pohon.

Saya sendiri pilih kamar yang 6 bed mixed dorm yang harganya 26.25 EUR per malem (mahal karena peak date deh kayaknya, barusan saya cek belasan Euro doang kok). Kamarnya cukup luas dan didalamnya ada meja dan wastafel. Di hostel ini wifi-nya gratis dan tersedia di semua lokasi. Handuk udah dikasih jadi nggak perlu nyewa kalo nggak bawa handuk kayak saya. Nggak setiap kasur ada colokannya, jadi kalo mau ngecharge mending pilih kasur bawah. Di dalem kamar udah ada heater, jadi nggak bakal kedinginan. Sarapan ada cuma nggak termasuk ke harga kamar alias bayar lagi. Resepsionisnya juga jual beberapa perlengkapan penting yang suka dibutuhin traveler kayak toiletries. Common room-nya yang terletak di deket resepsionis juga luas dan nyaman buat duduk-duduk sambil internetan atau ngobrol dengan traveler lain. Di hostel ini nggak ada lift, jadi kalo kopernya berat ya silakan angkat sendiri :))
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-2 happy go lucky hostel 6 bed mixed dorm
6-bed mixed dorm Happy Go Lucky Hostel

Satu-satunya kekurangan yang saya rasain adalah kamar mandinya. Lebih spesifiknya lokasi kamar mandi cowok di lantai 1. Jadi di hostel ini kamar mandi cowok dan ceweknya dipisah. Nah, di depan kamar saya tuh ada kamar mandi, cuma sayangnya buat cewek. Buat cowoknya saya ikutin petunjuknya aja, tapi masya Allah jauh banget, mana lorongnya berliku-liku. Udah gitu serem banget waktu itu kayak nggak ada orang sama sekali. Sumpah, saya awalnya sok berani tapi lama-lama ciut juga. Merinding kalo ngebayangin lorongnya, udah kayak di film-film horor gitulah yang bisa muncul makhluk lain dari entah berantah. Mana showernya pake sensor yang nyusahin banget, dan sering macet pula! Karena kesel dan takut banget, akhirnya saya nggak jadi mandi di situ dan ngibrit ke kamar mandi cewek yang letaknya persis di depan kamar saya. Mumpung sepi banget juga, siapa tau nggak ada orang kan. Jadilah saya mandi di situ dengan buru-buru. Nggak ada lah tuh yang namanya menikmati keramas setelah entah berapa hari nggak keramas. Pokoknya nggak boleh ketauan orang kalo pake kamar mandi cewek. Alhamdulillah aman sentosa sih nggak ketauan siapa-siapa :p
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-2 happy go lucky hostel 6 bed mixed dorm
Meja dan wastafel di dalam kamar

TRANSPORTASI
Sama dengan kota di negara maju lainnya, transportasi umum di Berlin udah lengkap dan menjangkau berbagai area. Pilihannya ada S-Bahn, U-Bahn, tram, dan bis. Apa bedanya S-Bahn dengan U-Bahn? Saya juga nggak tau sih. Tapi kayaknya kalo U-Bahn itu underground deh. Saya sendiri kemaren nyoba S dan U Bahn ini, tapi nggak nyoba bis karena emang nggak suka yang ribet-ribet (padahal males nyari bus stop-nya aja). Mau liat sebagus apa network S-Bahn dan U-Bahn di Berlin? Mari liat peta ini.
peta transportasi umum kereta s-bahn u-bahn berlin 2015
Berlin pubic transportation map 2015 (source)

Eits, jangan ciut dulu! Kalo pusing dan mau lebih mudah nyari jalur dari stasiun X ke Y, kalian yang punya iOS device bisa download aplikasi Berlin Subway BVG Map and Route Planner. Tinggal masukin X dan Y-nya, nanti dikasih tau harus naik apa.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman aplikasi ios berlin subway map
Berlin Subway iOS app

Masalah harga, untuk single journey kereta di area AB (liat peta untuk penjelasan mana daerah A, B, dan C) di Berlin itu tarifnya 2.7 EUR (BC = 3 EUR dan ABC = 3.3 EUR) dan berlaku selama 2 jam. MAHAL KAN?! Nah, buat kalian yang bakal sering pake kereta dalam 1 hari, saya saranin beli Tageskarte aja. Ini semacem unlimited day pass-nya gitu. Untuk di dalem kota, cukup beli yang Berlin AB seharga 6.7 EUR (BC = 7.2 EUR, ABC = 7.4 EUR). Bisa dipake naik kereta di dalam area A dan B sampe bosen dari jam dimulai (bebas kapan aja) sampe jam 3 pagi besok harinya. Lumayan banget deh.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-10 s-bahn
S-Bahn

itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-10 u-bahn
U-Bahn

Gimana dengan Tourist Pass? Karena saya nggak ada rencana untuk ke objek wisata yang pake admission fee, saya nggak milih Tourist Pass. Kalo kalian emang butuh, diitung-itung lagi aja bakal lebih murah mana.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-9 tiket dan vending machine s-bahn
Mesin tempat beli tiket kereta mandiri

Kalo masalah gimana naik keretanya, ya kurang lebih sama lah dengan di kota-kota lainnya yang punya rapid transit. Cuma kemaren saya sempet nemu kereta yang kotor. Mungkin karena abis tahun baru juga kali ya jadi banyak orang abis mabok main ninggalin sampah aja.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-7 corat coret s-bahn
Sampah di dalam S-Bahn

itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-7 corat coret s-bahn
Coretan di dalam S-Bahn

MAKANAN
Seperti biasa, saya bukan seorang foodie. Saya orangnya nggak mau ribet dan maunya yang murah tapi mengenyangkan. Karena pergi sendiri (nggak kayak bareng Mama ke Hong Kong kemaren), saya memilih comfort food saya ketika di jalan-jalan luar negeri: KFC! Hahaha. Cari paket yang dapet ayam, kentang, dan pepsi (dan ada side berupa coleslaw). Kalo biasanya di Asia paketnya 2 ayam, di Eropa ini ayamnya 3 jadi pasti kenyang. Bahkan saya biasanya cuma makan 1 atau 2 dan sisanya saya masukin kotak makan yang dibawa dari rumah :p Harganya emang nggak murah sih kalo dirupiahin, 9.49 EUR untuk paket ini. Tapi gakpapa asal bisa kenyang makan ayam goreng.
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-5 kfc menu
Menu KFC (3 ayam, kentang, coleslaw, dan pepsi)

Kalo nggak mau KFC, bisa pilih McD (sama aja). Gak deng. Di Berlin kalian bisa coba makan currywurst alias sosis (wurst) dengan bumbu kari. Banyak kok food joint yang jual, dan ada chain-nya juga di sana karena emang banyak yang suka. Harganya kalo nggak salah sekitar 5-6 yang udah sama fries.

Jadi budget untuk makan dengan baik dan benar di Berlin menurut saya adalah 3-5 EUR untuk sarapan dan masing-masing 6-10 EUR untung makan siang dan makan malam. Kemahalan? Bawa makanan sendiri (biskuit, mie, abon) dari Indonesia. Males bawa? Makan 1-2 kali aja dalam sehari, jangan 3 kali.

OBJEK WISATA
Berlin 3-Day Museum Pass
Berlin 3-Day Museum Pass (source)

Objek wisata di Berlin udah saya kasih tau semua di post sebelumnya. Dan dari semuanya itu nggak ada yang bayar admission fee. Cuma kalo kalian emang pecinta museum, bisa beli Museum Pass seharga 24 EUR dan masuk ke banyak museum di Berlin selama 3 hari berturut-turut. Informasi lengkap dan daftar museum (contoh: National Museum in Berlin, Jewish Museum, etc) yang bisa dikunjungi bisa di baca di sini.

BELANJA
Di Berlin inilah saya ketemu dengan Primark di Alexanderplatz. Waktu itu mereka lagi sale gede-gedean jadi ramenya bukan main. Orang-orang pun belanjanya gila-gila banget. Tapi emang gila juga sih harganya. Masa saya sempet liat down feather cuma 3 EUR?! Warnanya kuning sih, tapi ya tetep aja murah! Kaos oblong, polo, dkk juga mulai dari 2-3 EUR. Saya beliin Mama dompet di sini. Murah banget suer, lumayan bisa ngasih Mama 2 dompet. Tapi gak bilang sih kalo diskonan :p Pokoknya bilang "Ini di Indonesia nggak ada", Mama udah seneng kok hahaha. Saya sendiri beli terpaksa beli sepatu karena sepatu yang saya pake jebol dan bikin kaos kaki basah karena kemasukan air saat nginjek salju. Padahal sebelom berangkat sepatunya udah dilem-lem-in tapi tetep aje jebol. Lumayan sih, 17 EUR dapet sepatu. Ada yang 5-10 EUR juga sih tapi bahannya kanvas, nanti rembes lagi kalo kena air. Makanya beli yang kulit aja. Sekarang udah memble tapi sepatunya :(
itinerary dan biaya liburan di berlin jerman-6 sepatu lama nike baru primark
Sepatu baru dan lama

Untuk oleh-oleh, saya kemaren cuma ngecekin tempelan kulkas aja buat nambah koleksi. Harganya sama aja dimana-mana, sekitar 2 EUR. Di Alexanderplatz banyak toko souvenir yang jual berbagai jenis oleh-oleh.

INFO TAMBAHAN
1. Air keran di Berlin bisa diminum. Waktu itu saya mastiin kalo air dari wastafel di kamar bisa diminum ke resepsionis hostel terus dia kayak heran gitu kenapa saya pake nanya. Hahaha maklum kelamaan tinggal di Jakarta :( Jadi bawa botol ya, lumayan bisa menghemat soalnya air mineral botolan 500-600mL harganya 1-2 EUR.

2. Di Berlin ada 2 bandara yang sama-sama melayani international flights. Di barat laut ada Berlin-Tegel Airport (code: TXL) yang kebanyakan melayani full-service airlines dari berbagai dunia. Sementara untuk flight EasyJet kalian bakal terbang dari Berlin-Schönefeld Airport (code: SXF) yang terletak di tenggara Berlin (sekitar 1 jam dengan kereta, harga tiket sekali jalan 3.30 EUR). List pesawat yang terbang dari/ke Tegel bisa diliat di sini, sementara Schönefeld bisa diliat di sini. Jangan sampe salah yaa!
Berlin–Schönefeld Airport (SXF)
Berlin–Schönefeld Airport (SXF)

3. Mau merayakan tahun baru di Berlin—salah satu kota dengan perayaan tahun baru paling meriah di Eropa? Tips paling utama dari saya: dateng dari sore kalo mau seru-seruan nonton konser di Brandenburg Gate, karena malem udah penuh dan banyak jalan udah ditutup. Cerita tentang perayaan tahun baru 2015 yang saya alami bisa dibaca di post ini.

16 comments:

  1. Wow, lengkap bener catatannya; dan perjalanannya nampak padat juga ya, hehehe :-) .

    Setahuku bedanya U-Bahn dan S-Bahn adalah U-Bahn itu lebih ke metro dan S-Bahn itu semacam kereta regional yang melayani metropolitan kota-kota di Jerman. Mirip seperti metro di dan kereta regional RER di Paris, hehehe :-) . Bagi penumpang biasa mungkin bedanya tidak begitu nampak sih, karena perbedaannya berada lebih di sisi teknis keretanya (energi listrik, spesifikasi rel, dll :P )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya dituang semua catetan liburan saya di Berlin di post ini supaya yang baca bisa dapet info lengkap. Bukan nampak, tapi emang beneran padaat :p

      Wah kamu selain avgeek juga traingeek ya? Saya jadi dapet ilmu baru tentang bedanya S-Bahn dan U-Bahn. Berarti S-Bahn itu kalo di Jakarta kayak commuter line Jakarta-Bogor, sementara U-Bahn kayak MRT yang sekarang lagi dibangun.

      Delete
  2. Sosis bumbu Kari ? kari India? hmmmm pingin cobain selama ini cobain sosis rasanya standar semua.

    Ohhh, Jadi pakai Fly Emirate dari sini toh. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep. Namanya currywurst. Kalo liat fotonya sih sosis biasa tapi sausnya bumbu kari gitu. Tapi saya nggak sempet nyobain di sana :(
      Bukan ini yang naik Emirates :)) Saya naik Emirates dari Cairo ke Mumbai via Dubai hehe.

      Delete
  3. Ini liburannya beraaaaat banget :) pengen kesana, nunggu 2020 kali hehehe

    ada cerita rasis ngga sih disana? Cuma nanya, ngga ada maksud apa-apa, untuk share pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat gimanaa? Saya bawa koper waktu itu jadi tinggal geret aja *krik krik* Aahh when there's a will, there's a way, Vik! Saya juga mikirnya baru bisa ngelakuin trip ini pas udah kerja beberapa tahun. Eh ternyata bisa pergi pas masih kuliah!

      Nggak ada kok, lancar dan aman aja selama di sana. Selama ini belum pernah ngerasain racism juga, dan semoga nggak akan pernah.

      Delete
  4. Kak.........itinerarynya lengkap sekali......................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sengaja supaya biar bisa bantu yang butuh pencerahan tentang Berlin :))

      Delete
  5. Jadi pingin tahu seseram apa sih lorong ke kamar mandi cowok :D ngga difoto bang?

    ReplyDelete