Sunday, June 21, 2015

Pindahan Kedua


Setelah 4 tahun kurang 3 hari menjadi salah satu penghuni Hofras, hari ini saya resmi pindahan dari sini. Setelah 4 tahun juga saya bisa kembali nulis post yang senada dengan ini. Hofras merupakan kosan saya selama kuliah di ITB selama 4 tahun, terletak di Jalan Cisitu Indah No. 17, Bandung.
Hofras

Hofras sewaktu TPB, masih ada taneman di bagian tengahnya. Sekarang udah disemen semua

Hofras

Sebagai orang yang introvert, awalnya saya nggak punya temen di sini. Tapi pas waktu matrikulasi saya tau bahwa ada temen SMP saya waktu di Labsky, yakni Bintang. Bintang ngekos di Hofras bareng sama 2 orang temennya dari SMA Labschool Kebayoran yang saya nggak kenal. Selama matrikulasi yang 4 minggu itu, saya hampir nggak pernah mencoba ngobrol sama mereka karena saya nggak suka jebe-jebe sok asik. Cuma belakangan Pritta tau kalo saya sekosan dengan Bintang dan temen-temennya. Jadilah saya disuruh kenalan dengan mereka, namanya Ojan dan Faldi. Ada Rendi juga yang sama-sama dari Labsky tapi nggak ngekos di Hofras tapi sering main ke Hofras. Alhamdulillah akhirnya dapet temen baru di kosan :') (walaupun circlenya itu-itu aja). Setelah hasil pengumuman SNMPTN tertulis, Hofras ketambahan 2 orang lagi yang keduanya juga SMP dan SMA di Labsky, yakni Auli dan Iza. Terus ada Rayi juga yang walaupun bukan di Hofras tapi kosannya deket sama Hofras dan suka main ke kosan. Jadi Hofras ini isinya 8 orang, yang mana 7 orang dari SMA Labsky, sementara 1 orang dari SMAN 8 yang mana adalah saya doang.


Sewaktu TPB, kita suka belajar bareng kalo mau UTS atau UAS karena kebetulan materi yang dipelajarin sama semua. Kalo nggak ada ujian, biasanya pada main game online (Dota? *lupa namanya*) di kamar salah satu orang. Saya yang gapaham apa-apa cuma bisa nontonin doang, terus kalo ngantuk ya ketiduran. Kalo pada udahan baru saya bangun terus pindah ke kamar sendiri buat lanjutin tidur.
Warnet dadakan

Ceritanya belajar bareng tapi ujungnya ketiduran

Terus kalo makan juga barengan turunnya. Berhubung makannya rame-rame, biasanya kita makan di Cobek, Adoel, atau Koboi. Tapi Adoel dicoret karena di makanannya suka ada hewan asing dan Koboi juga dicoret karena kalo nungguin pesenan lamanya udah kayak naik travel ke Jakarta. Kalo pas puasa juga suka cari sahur bareng. Biasanya yang turun itu saya, Bintang, sama Auli. Ojan, Faldi, sama Iza susah banget dibanguninnya jadi pada nitip. Pas buka puasa biasanya kita beli jajanan bareng kayak gorengan dan es kelapa.


Pas TPB itu kita suka nyeplokin yang ulang tahun. Yang pernah jadi korban itu Faldi, Ojan, dan saya berhubung ulang tahun kita pas musim kuliah. Terus suka saling traktir juga, tapi ini berjalan sampe tahun kedua aja. Karena saya ini berada diantara 7 orang anak Labsky, saya beberapa kali diajak jebe-jebe ke acara anak Labsky kalo makan bareng-bareng.
Ulang tahun saya ke-18

Ulang tahun Ojan ke-18


Setelah setahun di TPB, masing-masing dari kita udah jadi mahasiswa jurusan. Saya di Teknik Fisika, Bintang dan Rendi di Teknik Kelautan, Ojan di Teknik Sipil, Faldi di Teknik Lingkungan, Auli di Teknik Mesin, Iza di Sistem Teknologi Informasi, dan Rayi masih sebagai mahasiswa Hukum Unpad. Di tahun kedua ini, Faldi pindah ke kosan kakaknya. Jadi yang ngekos di Hofras tinggal 5 orang. Ketika naik ke tingkat 3, Auli, Bintang, dan Iza juga pindah kosan. Jadi yang masih di Hofras tinggal saya sama Ojan aja.
Makan di Eastern…. dibayarin Bintang dan Ojan

Di tingkat akhir ini, Ojan jadi sering main ke kamar saya buat numpang nonton series. Bilangnya sih 1 episode aja, tapi ujungnya suka sampe 5 episode. Terus berhubung kamar saya itu paling deket sama pintu masuk kosan, kadang-kadang Ojan ngetok aja terus ngegelosor ke kasur. Kalo besok paginya ada acara dan dia takut nggak kebangun, dia juga suka numpang tidur di kamar saya. Tapi berhubung kasur saya kecil, jadi dia tidurnya di bawah. Kamar kosan saya yang kecil bikin dia yang badannya agak gede harus nyempil-nyempil kalo tidur. Kadang saya kasian sih, tapi masa saya yang punya kamar yang tidur di ubin.. Tapi pernah sih sekali dua kali kalo liat dia udah di kasur terus tidur pules bangun saya gak enak banguninnya jadi saya yang tidur beralaskan sajadah. Ojan ini juga kalo tidur kebonya kebangetan. Alarm hp di kupingnya ditambah alarm jam tangannya yang nempel di tangan masih belom bisa bangunin dia. Ini kenapa banyakan ngomongin Ojan? Yaudah spesial buat seorang mahasiswa berprestasi ITB dan nasional nggak apa-apa deh.
Posisi tidur Ojan

Hofras juga suka jadi tempat buat surprise ulang tahun saya.
Ulang tahun ke-18

Ulang tahun ke-18

Ulang tahun ke-20

Ulang tahun ke-20

Yang bakal dikangenin dari Hofras itu… kamar mandinya.
Kamar mandi

Kenapa kangen? Karena walaupun kamar mandinya cuma secimit tapi ada shower air panas serta klosetnya duduk dan flushnya jalan. Kalo di rumah kan mandinya pake gayung, mana kadang airnya harus nungguin dulu biar penuh. Terus kalo mau mandi air panas harus rebus air dulu (ini kenapa melas bener). Belom klosetnya yang nggak bisa diflush dari jaman smp tapi nggak ada niat diganti baru sama Ayah :'(

Ngekos di Hofras itu enak menurut saya. Fasilitas Hofras itu lengkap: ada kasur (bisa pilih mau pake ada ranjangnya atau nggak), lemari, meja belajar, dan kursi. Selain itu setiap kamar ada kamar mandi dalem, tv kabel (tv nya bawa sendiri), dan internet dalam bentuk kabel dan wifi. Wifinya dulu pake Speedy yang sempet tembus 500-600kBps, tapi sekarang diganti jadi BizNet yang speednya kisaran 200-400 kBps. Hofras itu 3 lantai, dan di setiap lantai ada dispenser air biasa dan air panas. Ada kulkas juga. Di lantai 2 ada dapur yang bisa dipake kalo mau masak-masak. Piring dan cutlery juga tinggal ambil. Kalo rajin ya abis dipake langsung cuci sendiri, kalo males ya geletakin aja mehehehe. Lokasi Hofras juga enak karena dilewatin sama angkot no. 26 rute Cisitu-Tegalega yang bisa buat ke ITB, Ciwalk, atau Stasiun Hall. Jam malem ada sih jam 12, tapi mamangnya santai kok. Selain itu mamangnya juga bisa nyuciin pakaian kalian. Sebenernya gratis, tapi cuma dijatah 3 potong per hari. Kalo lebih dan sekalian nyuci seprai dan handuk, bayar Rp 100.000 per bulan ke mamangnya.

Tadi pagi akhirnya saya pindahan dari Hofras berhubung udah nggak ada urusan lagi di Bandung kecuali buat wisuda tanggal 1 Agustus nanti. Setengah barang kosan udah dibawa pulang awal bulan Juni kemaren, jadi tadi Ayah dan Eja jemput buat bawa barang sisanya.

Mang Aceng, mamang kosan yang kalo nyuci sigap banget bisa sehari jadi

Alhamdulillah dari Hofras sekarang udah ada 2 orang yang sidang, yakni Ojan sama saya. Semoga yang lainnya bisa cepet menyusul, aamiin!! Sukses terus buat kalian! Terima kasih buat 4 tahun ini, dan semoga nggak lupa baca jambukebalik.com terus (masih aja iklan)
Abis sidang saya

Abis sidangnya Ojan

Merayakan sudah sidangnya saya dan Ojan dengan makan di etcetera

Sekali lagi, sukses terus buat kalian dan terima kasih banyak, Hofras!!
Satu-satunya foto yang saya punya yang lengkap berdelapan

14 comments:

  1. wah kakkkk selamaaat yaa! tetep sering nulis jambukebalik kak! hahaha

    ReplyDelete
  2. Halooo!
    Terima kasih banyaak! Akan saya usahain buat nulis teruuss. Semoga kamu bisa tetep sering baca yaaa :))

    ReplyDelete
  3. Selamat ya kakaaa! Gimana dengan pembuatan skripsi dan sidangnya? ceritain dong kak siapa tau bisa menginspirasi pembacanya terutama yang sedang di bangku universitas termasuk saya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo,
      Iyanih rencananya pengen ceritain ngapain aja tugas akhirnya, gimana sidangnya, dan kawan-kawan. Tapi rencananya nanti aja setelah di wisuda.
      Semangat semangat kamu kuliahnyaa :D Kamu kuliah dimana dan jurusan apa?

      Delete
    2. okedeh kak, saya baru mau kuliah di K3 UI hehe..

      Delete
    3. Waah good luck kalo gituu semoga lancar untuk 4 tahun ke depan :D

      Delete
    4. Okey kak, btw Selamat juga kak atas wisudanya! :) kan saya tunggu postingan-postingan kaka tentang pendidikan

      Delete
    5. Terima kasih banyaaak :D
      Hahaha, postingan tentang pendidikan pernah diprotes sama temen saya karena dia gapaham sama mata kuliah saya :( Jadi saya ngepostnya tentang jalan-jalan aja deeh :p

      Delete
  4. Wah saya juga setuju sama anon di atas haha ditunggu kak postnyaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo! Semoga bisa cepet ditulis yaa. Salam kenal, Anon :)) Kamu emang kuliah dimana dan jurusan apa?

      Delete
    2. Teknik informatika unpad kak hehe sukses ya buat kakak! :)

      Delete
  5. wkwk kadang kalo ada yang main game tapi kita ga ikut main rasanya beneran kagak nyambung ya bang

    ReplyDelete