Saturday, November 15, 2014

Melihat Taipei 101 dari Elephant Hill


View from Elephant Hill, Taipei

Taipei 101 adalah landmark yang paling terkenal dari Taiwan. Sebagai pecinta landmark, tentu saja gue memiliki keinginan besar untuk dapat melihat langsung landmark ini. Info pertama yang gue terima tentang Taipei 101 adalah saat SMP. Waktu itu temen gue pake kaos Taipei 101 dan ada tulisan yang intinya mengatakan bahwa gedung ini punya elevator tercepat di dunia dan tercetak di Guiness Book World of Record.

Saat pulang dari Hong Kong dan buka internet di iConnect Changi, gue menemukan promo AirAsia Big dan singkat cerita gue membeli tiket ke Taipei. Yang ada di otak gue waktu itu adalah 3 hari sepertinya cukup karena emang pengennya cuma liat langsung Taipei 101 dan naik elevator tercepat di dunia itu. Tapi sekarang gue nggak mau bahas tentang Taipei 101-nya. Sekarang gue mau cerita tentang bagaimana cara memandang Taipei 101 dari kejauhan. 

Karena tingginya yang menjulang (tinggi total 509 meter), melihat Taipei 101 dari dekat tentunya menyulitkan karena harus mendongak dengan sangat maksimal. Ngeliat aja susah, gimana kalo mau foto dengan background Taipei 101 secara keseluruhan. Jangan harap bisa dapet foto dengan latar belakang Taipei 101 dari blok dimana gedung itu berada, kecuali kamera lo atau yang fotoin bisa nembus ke dalam tanah. Tempat mengambil foto yang cukup baik adalah beberapa blok dari Taipei 101, tapi harus menerima kenyataan bahwa bakal terhalang gedung di sekitarnya.
Foto dari gedung yang terletak beberapa blok dari Taipei 101

Kalau punya effort lebih dan mau memandang Taipei 101 dengan view yang ciamik, ada beberapa pilihan tempat yang bisa didatangi. Berdasarkan hasil googling, tempat yang paling recommended adalah Elephant Hill. Untuk menuju kesana, info yang gue dapet adalah bisa dengan naik bis. Tapi gue agak anti naik bis kecuali kalo terpaksa banget karena kemungkinan nyasarnya jauuuh lebih besar dibanding naik metro/subway. Penjelasan kalo mau naik bis juga kurang memuaskan, sehingga gue memutuskan untuk: jalan kaki.
Google Maps Taipei 101-Elephant Hill

Gue memutuskan untuk jalan kaki karena setelah melihat Google Maps, jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan cukup doable. Rencana awalnya adalah gue pengen melihat pemandangan malam dari Elephant Hill, namun sayang sewaktu gue disana tiap malem selalu hujan dan bikin mager. Nggak cuma malam hari, sewaktu gue disana sepanjang hari juga hujan karena lagi ada typhoon. Alhamdulillah pagi di hari terakhir cuma hujan rintik-rintik sehingga bisa dipaksain buat ke Elephant Hill. Sayang kalo udah ke Taipei dengan niat utama melihat Taipei 101 tapi nggak ke Elephant Hill.

Dari hostel, gue menuju stasiun metro Taipower Building untuk menuju stasiun Taipei 101 yang merupakan stasiun terdekat dengan Taipei 101. Keluar stasiun, gue berjalan ke arah Taipei 101. Setelah sampai di jalan dimana Taipei 101 bagian office (ada art installation LOVE warna merah) berada di sebelah kanan, gue belok kiri di perempatan pertama tersebut. Terus lurus aja sampai ketemu perempatan kedua. Di perempatan ini nanti belok kanan dan jalan lurus lagi hingga nemu gang. Kalo udah disini, nanti akan ada petunjuk ke Elephant Hill. Jalannya disini ternyata cukup jauh dan kurang meyakinkan karena masuk pemukiman warga gitu. Tapi selama kalian masih liat petunjuk arah ke Elephant Hill, you're on the right path kok.
Foto ini diambil dari perempatan pertama. Lihat di sebelah kanan ada art installation LOVE


Setelah berjalan datar-datar saja, akhirnya ada petunjuk buat jalan nanjak buat menuju dasar Elephant Hill. Disini gue mulai capek karena udara yang lembab berhubung baru selesai gerimis dan jalan kaki yang sudah cukup jauh. Untungnya gue memutuskan untuk nggak bawa tas, jadi lebih enteng jalannya. Tapi tetep aja berasa capeeek banget. Belom nyampe hill-nya aja masa udah capek?!
Perlengkapan hari itu

Sesampainya di ujung tanjakan, akhirnya ketemu juga dengan plang Elephant Hill!


Dimulailah proses menanjak di tangga yang buanyak banget itu. Awalnya sih masih semangat banget. Berhubung anak tangganya pendek-pendek, gue jalannya longkap-longkap gitu. Tapi nggak lama kemudian udah ngos-ngosan. Udah injek anak tangganya satu per satu juga masih aja capek banget. Terus gue diem dulu sambil merenung ini bakal sejauh apa nanjaknya. Karena nanggung udah disini, akhirnya gue mutusin buat naik terus. Pas lagi nanjak, gue makin lemes begitu liat plang yang ngasih tau kalo puncaknya masih ratusan meter lagi. Gue lupa 100, 200, atau 400 meter tepatnya, yang jelas rasanya udah nanjak 1km tapi belom nyampe juga.
Tangga Elephant Hill (source)

Tangga Elephant Hill

Udah kepalang tanggung kalo turun sekarang. Gue membayangkan pemandangan yang akan gue lihat sesampainya di puncak biar lebih semangat nanjaknya. Nggak lama kemudian gue melihat sepasang nenek dan kakek di kejauhan. Mereka jalan pelan banget tapi steady. Muncul lah sifat nggak mau kalah gue. Kemudian gue memutuskan untuk kembali melangkah longkap 2 anak tangga biar bisa menyusul pasangan tersebut. Tak disangka, ternyata gue makin gempor. Boro-boro ngebalap, gue malah kecapean dan memutuskan untuk duduk dulu di pinggiran. Mereka juga makin jauh dan udah nggak keliatan lagi. Sedih gue jadi berasa lemah banget :"( Makin naik ke atas gue makin sering istirahatnya karena udah capek banget. Tapi akhirnya setelah jutaan anak tangga, gue sampe juga di Elephant Hill!!!!!!!!
Elephant Hill, Taipei

Di sana ternyata emang udah disiapin gitu sama pemerintah setempat. Jadi ada kusi panjang, ada pager besi, dan lantainya dikasih kayu. Semacam teras sederhana gitulah. Lumayan buat dijadiin lookout spot. Sebelum sampe teras, bakal ada batu-batu gede yang bisa dijadiin tempat nongkrong juga.
Elephant Hill Lookout Terrace (source)

Elephant Hill Lookout Terrace (source)

Batu-batu Elephant Hill (source)

Sewaktu gue sampai, ada 3 orang lain disana. 2 orang cewek yang barengan dan 1 orang cowok. Nggak lama setelah gue sampe, 2 cewek itu pergi dan tersisa 1 cowok yang sepertinya locals kalo diliat dari mukanya. Gue pas nyampe langsung duduk ngaso dulu berhubung udah semaput banget. Rasanya hampir pingsan saking capeknya. Baju gue juga basah kuyup isinya keringet semua. Seumur-umur gue olah raga nggak pernah sekeringetan itu.

Sewaktu ngaso, gue menyadari masalah baru. Gue haus yang teramat sangat dan nggak ada yang jual minuman disana!!! Gimana ini?! Gue memperhatikan 1 cowok itu dan dia bawa botol minum. Berhubung gue udah haus banget, akhirnya gue memutuskan untuk basa basi ke dia dengan tujuan utama minta minumnya.

Gue menghampiri dia untuk berbasa-basi sambil ngeliatin botol minumnya yang ternyata udah mau abis. Karena kepala gue udah pusing dan males basa-basi, akhirnya gue langsung bilang ke dia "Hi, I'm so thirsty but I didn't bring any water with me and seems like I can't buy one here. Can I have a little of yours?" Kurang lebih gue ngomong begitu. Kemudian dia bilang "Tapi ini tinggal sedikit" dan gue meyakinkan "Gue minta sedikiiit aja" akhirnya dia memberikan botolnya ke gue dan gue minum sedikit terus balikin ke dia. Dia bilang "Dikit banget minumnya? Diabisin sekalian aja gapapa deh" Gue biasanya kan malu-malu pengen kalo ditawarin sesuatu, awalnya pasti sok-sok nolak. Tapi tawaran ini langsung gue iyain dan gue minum habis air mineralnya. Terima kasih banyak sudah menjadi penyelamat!!!!!
View from Elephant Hill, Taipei

Setelah minum, gue izin ke dia buat turun duluan. Loh bukan deng. Gatau diri banget abis minta langsung kabur, mana belom foto-foto juga! Gue ngobrol dulu sama dia. Ternyata namanya... Lupa. Joseph sih kalo nggak salah. Dia 1 tahun lebih tua dari gue. Dia orang Taichung yang main ke Taipei karena diajak buat ikut conference sama dosennya. Setelah sedikit ngobrol-ngobrol, gue minta tolong buat fotoin dengan latar belakang pemandangan Taipei itu.
Capek banget abis nanjak

Harus tetap senyum :'''D

Setelah puas foto-foto dan menikmati pemandangan, kami memutuskan untuk turun. Di jalan kami melanjutkan ngobrol tentang kuliah dan cerita-cerita random. Pas lagi turun, gue minta tolong fotoin lagi. Gue kasih hp nya, dan dia motret. Pas gue bilang terima kasih, dia bilang mau foto lagi nggak soalnya fotonya gelap. Gue bilang nggak usah. Terus gue liat hasil fotonya...
Seharusnya gue mengiyakan permintaan dia...

Sambil melanjutkan berjalan turun, kami terus ngobrol. Dia cerita kalo belom lama ini dia baru pulang setelah mengikuti student exchange selama 1 tahun di Canberra. Pas sampe di bawah, dia bilang mau ke swalayan buat beli kaos ganti berhubung kaos dia juga basah. Jadilah kami cari-cari 7-Eleven terdekat buat beli kaos dan gue mau beli minum. Sesampainya disana, dia nggak jadi beli kaos karena bahannya tipis banget. Akhirnya kami beli Pocari Sweat aja, dan pas bayar kasirnya ngomong sesuatu yang gue nggak paham. Selesai ngomong, Joseph minta struk gue karena kalo ngumpulin struk pembelian Pocari Sweat bakal bisa dituker apaaa gitu. Yasudah silakan ambil.

Keluar dari 7-Eleven udah mau jam 11, sementara gue harus balik ke hostel buat packing dan check-out. Jadilah gue pamit ke Joseph dan bilang makasih yang sebanyak-banyaknya karena udah ngasih minum dan jadi temen ngobrol. Too bad I didn't ask his email or Facebook :( Nggak sempet foto jugaaa :'( Sebagai introvert, dapet temen ngobrol yang bukan basa-basi doang tuh nggak gampang buat gue. Aturan minta contactnya ya, siapa tau kalo ke Taiwan bisa numpang di rumahnya… (loh jadi nggak tau diri)

Kalo gue ke Taipei lagi, gue pasti ke Elephant Hill lagi di malam hari. Pemandangannya itu lho….
Night view from Elephant Hill, Taipei (source)

2 comments:

  1. gue biasanya suka nge-blend sm local dengan cara naya alamat, kalau di mintain minum pernah jg waktu di malaysia

    dan cara gue untuk berterimakasih biasanya gue kasih duit seribuan atau dua ribuan, and mostly mereka happy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya emang orangnya agak introvert dan nggak terlalu supel Mas, jadi kalo nggak kepepet jarang interaksi sama locals atau sesama travelers, haha. Tapi belakangan saya sadar kalo ini malah merugikan, kan bisa nambah kenalan dan koneksi kalo suka ngobrol-ngobrol gitu. Jadi mulai mencoba buat sedikit basa-basi kalo ketemu travelers lain, siapa tau bisa jadi temen jalan yang seruu :D

      Delete