Sunday, July 27, 2014

Di Tengah Krisis Celana Dalem

Alhamdulillah, kita sudah sampai di penghujung bulan Ramadhan. Semoga segala amal yang dilakukan mendapat balasan dan berkah dari Allah, aamiin. Selamat Hari Raya Idul Fitri! Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak :) Ih, cheesy banget ya kalimatnya haha. Yaudahlah gapapa. Ngomong-ngomong, tumben nih udah hari gini di Path belom ada yang ngetag mohon maaf dan baru dapet 2 WhatsApp dan 1 sms minal aidin. Udah bukan jamannya lagi kali ya?

Umm selamat kedua ditujukan buat Amanda Rahmadhani yang sudah berubah namanya dan sekarang punya ekor menjadi Amanda Rahmadhani, S.Ds alias dia sudah wisuda dan lulus dari ITB!!! Selamat anakku, jagungtica, ukhti, sista, dan yang terpenting: devoted reader jambu!!! Saking devotednya dia sampe bikin ginian coba :')
Dibuat dalam rangka main-main waktu itu bareng Manda dan Pritta

JambuKebalik: A Fan Guide. Cocok banget ya jadi cover buku.

Ini yang paling bangke sih karena background-nya nyambung banget sama pakaian gue.
4 Negara, 5 Hari. Inspirasi dari trip Singapore-Malaysia-Hong Kong-Macau.
Terima kasih, Man!
Sebagai balasan sudah menjadi devoted reader, sebagian post ini didedikasikan buat Anda. Uwuwuwuwuw :3

Cerita dikit ah. ((DIKIT))
Sebagai teman yang baik, gue menyempatkan diri buat dateng ke wisudanya. Padahal lagi puasa kan tuh 12 Juli kemaren, gue yang lemah ini sebenernya kalo puasa males banget gerak keluar rumah kalo nggak ada kebutuhan karena takut banget tiba-tiba aus di jalan *lemah*. Tapi buat temen gitu ya, yaudah sini gue bela-belain!! Berbekal uang 200.000 dari orang tua buat bayar travel dan ternyata DayTrans ngadain promo hari Sabtu yakni cukup bayar 50.000 sekali jalan—lumayan hemat 100.000!—, gue daytrip ke Bandung.

Alhamdulillah karena gue temenan sama menteri sekaligus artis kampus paling eksis se-ITB, gue bisa menyelinap masuk ke Sabuga dengan koneksi si artis tersebut. Jadilah gue pertama kalinya ngeliat prosesi wisuda, walaupun bagian akhirnya doang. Si menteri sih dengan gayanya malah bilang "Baru sekali ngeliat wisuda, Ky???"

Si menteri ke Sabuga karena mau ngasih kado ke wisudawan yang merupakan temennya. Maklumlah menteri merangkap artis, jadi banyak yang dikasih bingkisan. Lah gue dateng cuma buat temen sebutir doang! Si menteri kemudian menyarankan gue buat ketemu Manda di dalem aja biar nggak rame kalo di luar. Awalnya gue ogah karena nggak bawa apa-apa, berhubung kado yang merupakan hasil patungan JambuKebalik FC dipegang Pritta dan dia dengan kasihannya tidak bisa masuk ke dalam karena tidak punya link menteri. Bentar, ini kenapa kesannya gue sok banget ya?!

Namun apalah daya gue ini seorang hamba sahaya yang cuma bisa tunduk sama menterinya, alhasil gue ngikutin sarannya. Setelah Manda foto dengan jurusannya, gue dan menteri nyamperin dia dan apa yang pertama kali diucapin Manda?
"Kok lo nggak bawa apa-apa sih?"
Bahahahahha udah ketauan banget ini manusia satu! Gue langsung minta maaf dan bilang kalo hadiahnya di Pritta. Dia juga sepertinya mengerti temen yang satu ini pelitnya minta ampun, jadi dimaklumin.
Selamat, Man!
Kemudian kita berpisah karena dia mau siap-siap buat diarak. Sementara gue tetep buntutin menteri nyari temen-temennya buat dikasih bingkisan.

Setelah semua bingkisannya selesai dikasih orang, kita keluar karena Pritta udah nyariin. Pas di jalan, gue kepikiran beli sebouquet kembang buat Manda. Gue suruh si menteri nawar dan akhirnya kebeli juga. Rasanya seneng ngasih orang kembang. Nanti kalo gue wisuda, kasih kembang juga ya tapi jangan sekuntum mawar doang (banyak minta). Kalo bisa yang bentuknya papan Congratulations/Selamat Menikah/Turut Berduka Cita itu. Okesip? Canda, canda.

Kemudian ketemu Manda lagi, dan sekarang udah ada Pritta juga. Kemudian kita berfoto.
Selamat, Man! Tuh kembang gue yang ada kertas putihnya xixixi (penting)
Kemudian gue pulang. Iye segitu doang, emang niatnya kan cuma buat menyelamati Manda. Tapi sayang MPIKE aka JambuKebalik FC hari itu nggak lengkap karena Ilman dan Khana tidak bisa hadir. Semoga wisuda salah satu dari kita berikutnya—yang sepertinya bakal Ilman—kita semua bisa dateng yaaa, aamiin.

Dikit nggak ceritanya?

Sekarang selamat yang ketiga.
Cerita lagi deh.

Tahun ini adek gue, Reza Fauzan Permadi, lulus dari SMA. Selamat sudah lulus! Tapi ini bukan merupakan selamat yang ketiga. Keep reading.

Sebagai seorang yang lulus dari SMA, adek gue mulai mencari tempat kuliah. Awal tahun udah ikut tes President University dan alhamdulillah diterima.

Tapi Mama maunya adek coba negeri. Yaudah, ikutan SNMPTN Undangan. Dia di SMA prestasinya cukup cemerlang deh, gue juga sebenernya kaget (kakak jahat) dan trend-nya makin kesini makin bagus nilainya. Hebat banget gue akuin adek gue ini. Mainnya lancar, tapi tetep bisa dapet peringkat yang lumayan. Eh, 3 besar—bahkan beberapa kali 1 besar alias peringkat 1—bukan lumayan lagi deng ya? Keren banget!

Di SNMPTN Undangan dia milih Teknik Kimia UI karena dia suka Kimia, berhubung pernah sampe OSP Kimia juga. Tuhkan keren, gue aja seleksi olimpiade di sekolah kagak lolossss *nangis*. Kenapa nggak ITB? Alasan utamanya adalah karena asal SMA-nya. SMA dia udah RSBI sih, tapi sepertinya alumni SMA ini nggak begitu banyak di ITB. Dengan alasan itu ditambah dengan firasat Mama yang katanya "kayaknya kalo di UI lebih mungkin diterimanya", akhirnya milih UI.
Papan tulis di kamarnya, sebelum pengumuman SNMPTN Undangan
Pengumuman SNMPTN Undangan adalah saat gue di Istanbul. Pas lagi sarapan, gue nanyain gimana hasilnya dan ternyata belum diterima. Gue sendiri cukup kecewa, apalagi Mama yang katanya cukup sedih karena dia berharap supaya adek gue diterima lewat Undangan.

Akhirnya daftar SBMPTN dan sekarang pilihnya ITB. Cukup ambisius pula pilihannya, FTI dan FTTM. Gue udah sedikit nge-warn dia, tapi karena dia pengennya itu, yaudah. Kemudian dia ikut SIMAK UI juga, pilihannya sama kaya pas SNMPTN Undangan.

Sambil menunggu pengumuman SBMPTN dan SIMAK, kita berandai-andai. Kita punya rencana buat liburan ke Eropa. Kapan? Januari 2015! Dia pengen banget ngerasain winter setelah gue cerita gimana dinginnya winter di China. Gila! Gue awalnya kaget dan cukup ragu, tapi setelah melakukan kalkulasi keuangan, gue mengiyakan. Dengan catetan dia harus meyakinkan Ayah buat bayarin tiket pesawat. Tabungan gue cuma bisa buat biaya hidup disana aja selama kurang lebih 2 minggu. Itu juga baru tercapai kalo semester depan nabung lebih keras lagi.

Kabar positifnya, Ayah mau bayarin tiket pesawat! Wah, makin excited nih. Tapi biar liburan ini dapat terlaksana dengan baik, adek gue harus diterima di ITB biar jadwalnya sama. Kalo di President atau UI nggak bisa karena jadwalnya beda.

Jadi tugas adek gue adalah berdoa dengan giat, sementara tugas gue adalah budgeting because I'm damn good at it. Yoi gaya. Budgeting kelar dalam 2 hari. Dari sisi keuangan, ternyata gue sanggup. Itinerary juga udah selesai. Rute-nya Amsterdam-Berlin-Pisa-Roma-Paris-Brussels-Cairo. Yes, you read that right. Cairo! If we managed to accomplish this trip, what will be left from my primary bucket list is Taj Mahal! Awalnya gue merasa this is too good to be true. But in the end, this is indeed too good to be true. Eja nggak diterima di ITB dan UI.

Mom was pretty devastated. So did Eja. Suatu malam Eja dateng ke kamar gue buat minta maaf karena nggak jadi ke Eropa. Terus gue sedikit terharu. Tambah terharu pas besoknya gue masuk ke kamarnya dan baca beginian.
Sedih liatnya :')
Anyway, kalo diperbesar masih keliatan ada bekas oret-oretan plan Eropa kita.
Kemudian Eja daftar ITS jalur mandiri, salah satu alasannya adalah karena dia penasaran—seberapa jelek kah nilai SBMPTN-nya sampai nggak dapet ITB-UI? Gue juga akhirnya godain dia "Kok lo lebaran duluan sih, banyak banget dapet maaf! Hahaha" Untung aja dia ketawa-tawa, bukan makin stress.

Hari pengumuman ITS pun tiba. Dia masih tidur, dan gue nggak enak buat buka pengumumannya. Tapi karena Mama insist buat buka hasilnya, akhirnya gue buka juga. Gue becandain Mama, "Sini deh Eky yang buka, waktu itu Eky buka langsung dapet selamat. Siapa tau sekarang dapet selamat juga!". Kemudian gue ikutan deg-degan sambil masukin nomernya, dan setelah disubmit muncullah ini di layar.
Selamat, Ja!
Reza Fauzan Permadi, Teknik Material dan Metalurgi ITS!
Alhamdulillah!! Gue seneng banget! Langsung ke kamar Eja buat godain dia yang masih tidur buat nyuruh buka pengumuman. Cuma dia nggak semangat karena udah 3x dapet maaf sebelumnya. Akhirnya gue bilang "ITS nggak mau lebaran tuh sama lo," Terus dia dengan setengah sadar kebangun dan menyadari omongan gue. "Cie, dapet tuh ITS! Sana liat sendiri hasilnya." Terus dia bangun dan senyam-senyum sendiri ngeliatin layar. Selamat, Ja!

TAMBAHAN!
Selamat keempat buat penghuni Hofras yang paling membanggakan, Fauzan Reza Maulana!! Setelah menjadi Juara 1 Mahasiswa Berprestasi ITB 2014 dan kemudian maju ke tingkat nasional, dia berhasil menjadi Runner-Up Mahasiswa Berprestasi Nasional 2014! Terlalu keren sih emang manusia ini. Selametin dulu lah!
Ayo mapres, mana senyumnya?? *caption malesin*
Salam dari Hofras (minus Faldi dan Rayi)!
Tolong di zoom ke muka Bintang...
Eya terus kemaren dia ngirim foto email yang isinya dia bakal diberangkatin ke sebuah international summit dan fully funded! Celamat lagih!

Oke, terus kenapa judul postnya begitu?

Alkisah besok gue rencananya mau mudik. Gue bakal pulang ke Jakarta sendirian, berhubung mau keluyuran. Pulang keluyuran, bakal ke Surabaya karena Eja mau daftar ulang. Dari Surabaya harus ke Bandung karena ada pelatihan asprak. Itu semua dalam waktu hampir 3 minggu, tanpa ada kesempatan secuil pun untuk pulang ke rumah. Tadi pas packing muncul utama yang sama sekali nggak kepikiran. "Maaaaa, kancut sama boxer Eky segini doang?! Pake apaan besok lebaran? Buat mudik gimana?? Nanti disana gimana??? Di Surabaya????"

Oh well, semoga masalah ini cepat terselesaikan. Dan semoga semuanya lancar juga, ya!
Bawaan buat keluyuran—all my bags are packed, I'm ready to go!
Sekali lagi, selamat Hari Raya Idul Fitri! Selamat Lebaran! Mohon maaf lahir dan batin. Tetep baca jambukebalik ya jangan lupa pokoknyaaa! Hahahaha.

No comments:

Post a Comment