Tuesday, May 6, 2014

7 Before 25

Post ini bakal terus di update kalo ada bucket list yang terselesaikan
Last update: January 15th, 2015
* * *

Of course.

Dalam hidup ini, ada baiknya jika yang kita lakuin punya tujuan. Dari pengalaman gue juga ada baiknya tujuan/target itu ditulis aja, biar kemungkinan kejadiannya lebih besar. Kalo bisa sekalian di post, biar banyak yang doain dan cepet kesampean. Hahaha gatau sih yang baca ini pada doain apa nggak :( Bisa juga kalo ditulis dan dibaca orang bikin gue jadi "wah udah dikasih tau ke orang nih, masa nggak kesampean sih?" Dan jadi lebih semangat buat ngejar target itu. Terbukti dari beberapa target yang akhirnya kejadian setelah di publish di blog ini, seperti ini dan ini dan ini.

Di post ini gue bakal ngasih tau target traveling gue. Didoain yaaa.

Jadi, apa target traveling gue? Buat gue sendiri, gue traveling lebih suka ke tempat yang emang well-known. Rasanya bangga aja kalo liat foto tempat yang udah pernah didatengin. Mmm ada sedikit bawaan tukang pamernya juga sih hahaha. Kalo foto di tempat yang well-known, enaknya pasti orang-orang langsung tau kalo itu tempatnya disana (?) Misalnya nih, gue foto depan Monas. Pasti orang tau kalo itu Monas jadi nggak usah banyak nanya. Kalo foto di pantai, kan banyak tuh pantai. Jadi ntar pasti orang nanya-nanya "ini dimana?" Eh, inisih emang guenya aja yang males ngejelasin ya mehehe maapin. Ini namanya pamer nggak ya? Mungkin iya sih, tapi kan gue pake uang sendiri (atau uang ayah atau mama) yang insyaAllah halal, jadi nggakpapa lah ya pamer-pamer gini :')

Taipei 101 from Elephant Hill, Taiwan (2013)

Jadi, apa target traveling gue? Iya, 1 paragraf di atas ternyata penjelasan ngalor ngidul aja. Target utama gue: 7 WONDER! Karena banyak versinya, gue ambil yang old (bukan ancient) 7 wonder yang selalu muncul di atlas-atlas yang rajin dibeli jaman SD dulu. Dan inilah tujuan (atau target?) jalan-jalan gue yang ingin dicapai sebelum berusia 25 tahun, which is 4.5 tahun lagi.



1. Ka'bah, Saudi Arabia
2. Great Wall, China
3. Pyramid, Egypt
4. Taj Mahal, India
5. Candi Borobudur, Indonesia
6. Colosseum, Italy
7. Leaning Tower of Pisa, Italy

Dari 7 landmark di atas, per Mei 2014 alhamdulillah udah 3 yang berhasil dikunjungin. Candi Borobudur tahun 2010, Ka'bah tahun 2012, dan Great Wall tahun 2014. Sisanya, yaa kalo bisa sebelom umur 25 tahun itulah. Lebih cepet ya lebih baik mehehe. Kenapa yang old 7 wonder? Karena yang new 7 wonder lebih jauh... Mungkin baru jadi target saat yang old udah kesampean semua.
Umroh — Ka'bah, Kingdom of Saudi Arabia. (2012)

Yang new ada apa aja?
1. Great Wall, China
2. Petra, Jordan
3. Taj Mahal, India
4. Colosseum, Italy
5. Christ the Redeemer, Brazil
6. Chichen Itza, Mexico
7. Machu Picchu, Peru
Honorable: Pyramid, Egypt

Tuhkan jauh-jauh. 3 dari 7 ada di Central dan South America. Tiket pesawat kesananya aja udah bikin mual saking mahalnya :( Jadi fokusin ke yang old dulu ajaa.
The Great Wall of China, People's Republic of China (2014)

Kayaknya dikit banget ya kalo cuma 7. Pfftt tengil bener padahal buat datengin 4 sisanya banyak banget obstaclenya (baca: gapunya uang). Tapi ada lagi beberapa target lainnya yang terserah mau kapan aja dilaksanainnya. Target traveling gue yang lainnya bisa diliat di header blog di atas. Dijabarin aja yaa.
1. Sydney Opera House, Australia
2. Burj Al Arab, United Arab Emirates
3. Taipei 101, Taiwan
4. Eiffel Tower, France
5. Brandenburg Tor, Germany
6. Hagia Sophia, Turkey
dll dll masih panjang banget tapi ya itulah kebanyakan landmark-landmark yang well-known dan khas banget dari suatu daerah.

Selain target yang berupa landmark, ada juga target traveling lainnya, antara lain:
1. Skydive
2. Bungee Jumping
3. Hot air balloon ride
4. Everest mountain flight
5. Sydney New Year's Eve
6. A380 Flight
7. A340 Flight
8. B777-300ER Flight
9. Use Onboard Wi-Fi
A380 — My chariot to Hong Kong. Flight MH 72, from Kuala Lumpur to Hong Kong (2013)

Nomer 5 sama 8 alhamdulillah udah selesai. Nomer 5 kesampean tahun 2013 pas naik Malaysia Airlines MH072 dari Kuala Lumpur ke Hong Kong. Nomer 8 kesampean tahun 2013 juga pas naik Cebu Pacific Air 5J813 dari Manila ke Singapore. Sisanya semoga bisa cepet menyusul yaaa. Sempet ngecek harga skydive di Sydney tapi mahal banget, sekitar USD300-350 buat sekali lompat dan dokumentasinya. Bungee Jumping sendiri sempet liat harga yang di Macau, tembus 3 juta juga :( Spot bungee lain di New Zealand juga nggak kalah mahal. Hot air balloon sendiri ada beberapa tempat yang terkenal, kaya Bagan (Myanmar), Luxor (Egypt), dan Cappadocia (Turkey). Ngecek harga yang di Cappadocia, buat naik selama 1 jam harganya EUR130-175. Di Bagan kalo nggak salah bisa tembus USD320. Everest Mountain flight emang ada yang nyediain jasanya. Buat gue yang naik tangga aja udah gempor, gimana bisa naik Everest? Jadilah mountain flight jadi pilihannya. Ada maskapai namanya Buddha Air yang ngasih harga USD190 buat flight selama 1 jam. KENAPA MAHAL-MAHAL SEMUA TARGETNYA :( Tapi ya itulah, kalo nggak pake pengorbanan bukan bucket list ya namanya.
Onboard Wi-Fi, Flight 5J 813 from Manila to Singapore (2013)

Hmmm segitu dulu aja kali ya bucket listnya. Nanti bakal nambah lagi kalo udah bau-bau mau dikunjungin. Hahaha bucket list macem apa itu. Dengan adanya bucket list ini, jadi sekarang semua tabungan gue difokusin buat mencapai 7 tujuan utama itu. Emang, banyak banget godaannya. Mulai dari iPhone yang batrenya mulai uzur dan minta diganti sampe tangan yang selalu gatel buat beli tiket promo AirAsia buat keliling ASEAN. Tapi karena ASEAN masih disitu-situ aja, jadi gue fokuskan dulu ke Eropah (padahal Eropa juga disitu-situ aja). Trip sampe akhir tahun ini nggak ada yang ngunjungin 7 tempat itusih, tapi tak apalah. Tempat-tempat yang bakal dikunjungin nggak kalah famous dan keren juga kokk. Tungguin aja yaa semoga iri biar gue puas hahaha canda canda.

Gue udah punya excel yang isinya itung-itungan income dan outcome sampe bulan Desember buat prediksi bisa apa nggak ke Eropa tahun depan. Bau-baunya sih mmmm gimana yaaa. Didoain aja deh semoga bisa. Kemaren temen bilang "Ky, kok Asia aja sih?". Walaupun awalnya pengen ngejitak dia, tapi gue jadikan itu penyemangat dan buktiin kalo gue nggak main di Asia doang. Tapi karena dia orang yang baik, jadi tungguin ya gantungan kuncinya yang bukan dari Asia :')

Jadi, recap bucket list per May 2014:
1. Ka'bah, Saudi Arabia (Done. 2012)
2. Great Wall, China (Done. 2014)
3. Pyramid, Egypt (Done. 2015)
4. Taj Mahal, India (Done. 2015)
5. Candi Borobudur, Indonesia (Done. 2010)
6. Colosseum, Italy (Done. 2015)
7. Leaning Tower of Pisa, Italy (Done. 2015)
8. Sydney Opera House, Australia
9. Burj Al Arab, United Arab Emirates (Done. 2015) — apparently, Burj Khalifa is more jaw dropping!
10. Taipei 101, Taiwan (Done. 2013)
11. Eiffel Tower, France (Done. 2015)
12. Brandenburg Tor, Germany (Done. 2014)
13. Hagia Sophia, Turkey (Done. 2014) — apparently, Blue Mosque is more gorgeous!
14. Skydive
15. Bungee Jumping
16. Hot air balloon ride (Done. 2014) — in Cappadocia, Turkey
17. Everest mountain flight
18. Sydney New Year's Eve
19. A380 Flight (Done. 2013)
20. A340 Flight
21. B777-300ER Flight (Done. 2014)
22. Use Onboard Wi-Fi (Done. 2013)

3 comments:

  1. Leaning Tower Pisa is too overrated. But you will laugh with people's acts there X))

    ReplyDelete
  2. Hahaha I saw the picture once and that was hysterical! Looking forward to seeing it with my own eyes.

    Thank you for visit and comment, Mas :)

    ReplyDelete
  3. ditungguuu everest mountain flight nyaaaa :')

    ReplyDelete