Sunday, March 2, 2014

Pengalaman Flight Credit Tigerair

semua bermula saat hunting tiket buat ke China bulan Juni lalu. seperti yang udah diceritain disini, tiket Jakarta-Kuala Lumpur-Beijing udah dibeli. pikiran pertama saat itu maunya pulang dengan rute Shanghai-Kuala Lumpur-Jakarta. karena Shanghai-Kuala Lumpur masih mahal, jadi ntaran aja belinya. cek Kuala Lumpur-Jakarta, lumayan murah harganya buat H-1 masuk kuliah. Tigerair Mandala, one-way 312.500 belom sama bagasi. karena bakal winteran, makanya harus beli bagasi. beli 15kg nambah 72.000. jadi total 384.500. kenapa beli bagasinya sekarang? karena pada saat itu kalo nambah bagasi tigerair dan keluarganya harus via call center. beda sama airasia yang bisa via web dan bisa dibeli pas H-1 terbang (bahkan kalo nggak salah maksimal 4 jam sebelom terbang). karena nggak mau ribet, jadilah gue beli sekalian. tapi sekarang tigerair udah bisa manage booking buat nambah add-ons semacem bagasi atau seat kok, jadi ntaran aja kalo mau beli bagasi.

makin kesini, rute pulang yang awalnya Shanghai-KL-Jakarta, malah ngembang kemana-mana jadi Shanghai-Hong Kong-Singapore-Jakarta. otomatis harus ngerelain tiket Mandala. Tigerair dan keluarganya ini punya aturan non-refundable dan banyak non-non lainnya (bisa dibaca disini). strict banget deh pokoknya, jadi nggak bisa ngarep bakal balik uangnya sepeserpun. nyesel kan beli bagasi, tambah banyak ruginya. disaat udah ngerelain tiket, dapet email kalo flightnya direschedule. awalnya berangkat jam 11.30AM jadi jam… 11.20AM. cuma sepuluh menit doang sih emang, tapi coba deh minta refund siapa tau dibisa dibalikin.

proses minta refundnya nggak susah. bisa dimulai dari buka webnya disini (http://gethelp.tigerair.com/pages/intro.php) kemudian isi-isi aja data yang diminta, dan submit. PS: suer, susah banget nyari link itu di webnya langsung. barusan nyari lagi tapi nggak nemu. alhasil harus ubek-ubek history.

di akhir setelah selesai submit, ada tulisan yang intinya bilang kalo refund baru bisa dikasih kalo flightnya reschedule lebih dari 4 jam. terus gue ketawa, reschedule 10 menit minta refund. yaudahlah jadi nggak pernah mikirin gituan lagi.

sampe suatu hari pas gue di travel mau ke Bandung buat ke Bali (masih inget karena girang banget), dapet telepon dari nomer yang nggak disave. pas diangkat, intinya ngasih pilihan refund. LOH bingung dong gue, kenapa bisa dikabulin refundnya. tapi gue sok cool aja kerjaannya cuma "iya", "hmmm iya". sampe akhirnya si mbak ngasih pilihan refundnya, mau transfer sepenuhnya atau flight credit. full refund pula kata dia, tanpa dipotong sepeserpun! jadi duit gue balik semuanya, 384.500! awalnya gue mau transfer balik aja, tapi baru inget kalo waktu itu gue belinya via Tiket.com. pas nanya ke mbaknya, kalo transfer balik ya dibalikin ke yang beli (tiket.com). masalah balikin dari tiket.com ke gue-nya dia nggak ngurusin. karena bakal ribet, jadilah gue pilih flight credit. jadi flight credit itu semacem deposit. kalo ada credit 300.000 dan harga tiketnya 400.000, berarti tinggal nambah 100.000. mbaknya juga ngasih tau kalo flight credit bisa diproses paling lama 2 minggu setelah gue nge-iya-in buat flight credit. sip, kemudian telepon ditutup dan selanjutnya gue cari tahu kenapa permintaan refund gue dikabulin. ternyata oh ternyataa, flightnya direschedule lagi jadi jam 12 tengah malem. pantes aja dikabulin, orang lebih dari 4 jam gitu. alhamdulillah masih rejeki :)

kebiasaan deh nulis post panjang gini. padahal awalnya cuma mau cerita step-by-step make flight credit, jadi cerita juga kan. kepalang tanggung deh, mari dilanjutkan sampai habis ya.

2 minggu setelah nelpon, masih belom masuk juga flight creditnya. sampe akhirnya baru masuk 2 minggu setelahnya. jadi total sekitar 1 bulan sampe flight creditnya bisa dipake. jadi ada beberapa aturan buat make flight credit ini.
1. maksimal dipake 6 bulan setelah flight credit issued. tapi buat terbangnya terserah kapan aja.
2. hanya bisa dipake via call-center. jadi nggak bisa dari web kaya airasia.
3. karena cuma bisa via call center, jadi bayarnya harus pake credit card kalo harga tiket melebihi jumlah credit.
4. karena via call center juga, pasti harganya bengkak karena ada tambahan disana-sini.

setelah ngeliatin fluktuasi harga tiketnya selama 2-3 minggu, akhirnya diputusin buat make flight refundnya. teleponlah ke call centernya di +622129396688. sebelomnya gue beli pulsa dulu karena pasti bakal lama kalo ngomong sama call center. dari nanya-nanya harga, diambil kesimpulan kalo beli via call center itu sungguh bikin rugi. amit-amit bengkaknya. masih ada nggak ya orang yang beli via call center?


jadi gini. sebenernya harga dasarnya sama kaya di web. tapi kalo kode depan flight lo RI (Tigerair Mandala), bakal kena tambahan biaya 25.000. sementara kalo kode depannya TR (Tigerair Singapore), bakal kena tambahan biaya 70.000. belom lagi karena cuma bisa bayar pake credit card, bakal ada tambahan 27.000. padahal kalo beli langsung via web, yang kode RI nggak ada tambahan lagi kalo bayar pake mandiri clickpay. kalo bayar pake pake credit card, mau RI atau TR tetep kena 27.000. flight TR kalo bayar pake clickpay juga bayarnya nambah 27.000.

karena dihari itu flight yang paling murah dan paling awal adalah TR, terpaksa gue beli.
ini kalo beli via web dan pake kartu kredit

ini kalo beli via call center dengan flight yang sama kaya yang di atas. wtf is call center fee, anyway? emang lo yang nelpon gue? ada juga pulsa gue kepotong 10.000 gara-gara si operator ngomongnya lelet banget (eky yang kerjanya ngedumel mulu)

pas lagi nunggu, gue sempet mikir "worth nggak ya bedanya sampe 100.000 gini, apa ini beli aja langsung via web? tapi terus buat apa nanti flight creditnya? semua trip udah dibeli tiket dari Jakartanya. domestik? dikit banget rutenya" karena nggak bisa mikir alesan buat nggak make flight creditnya sekarang, jadilah dipake aja. toh juga tinggal nambah 29.700. udah nggak ngerasain ngeluarin 384.500 karena ya emang udah diikhlasin sejak ngerubah rute pulang dari Shanghai ke Jakarta.

cara make flight creditnya gimana? 
1. telepon call center tigerair mandala di 021 29396688
2. bilang mau make flight credit
3. sebutin kode booking flight yang di credit-in
4. sebut rute tiket yang mau dibeli sama kapan mau berangkatnya
5. bakal ditanya data-data; nama, alamat, tanggal lahir, nomer paspor dan email buat ngirim eticket
6. operator bakal confirm
7. disebutin kurangnya berapa, bayar harus pake credit card
8. walaupun agak ragu, tapi akhirnya gue ngasih datanya setelah nanya dulu ini aman apa kagak. kita harus ngasih semua data krusial credit card – nomer, nama pemilik, expire date, dan yang paling krusial, CVV – biar bisa dipurchase tiketnya. tapi CS-nya bilang kalo ini aman. semoga aja operator gue tadi nggak iseng nyatet di kertas lain. (suuzon mulu hobinya)
9. eticket dalam bentuk pdf bakal masuk ke email
10. selesai deh

menurut gue, sudah seharusnya tigerair bikin fasilitas flight credit yang bisa dipake via web. karena rugi banget kalo via call center. terus kalo mau make flihgt credit, lebih baik beli tiket yang di web harganya masih pake rupiah. beli tiket yang ex-Indonesia masih jauh lebih mending dibanding beli tiket yang ex-Singapore (dari Singapore maksudnya). kursnya itu loh nggak kira-kira, belom ditambah biaya-biaya tadi. sempet nanya harga buat Jakarta-Singapore-Jakarta. kalo liat di web, harganya 267.000 buat CGK-SIN dan 597.000 buat SIN-CGK. masih masuk akal buat SIN-CGK karena harga di web pake rupiah. beli via call center kena 292.000 sama 622.000, respectively. tapi giliran nanya harga yang SIN-CGK doang (harga di web udah pake SGD), harganya melambung jadi 900.000an hampir 1.000.000. karena shock, langsung tutup telepon. jadi saran gue buat yang mau make flight credit tigerair:
1. cari flight yang kodenya RI, jangan TR karena lebih gede biaya "call center fee"-nya
2. pake creditnya buat flight yang dari Indonesia aja, entah domestik atau ke Singapore. jangan make buat dari luar negeri ke Indonesia, atau rute internasional lainnya.
3. cek-cek harga di web juga sambil nelepon call centernya, buat ngebandingin aja. siapa tau dia ngasih harga yang nggak masuk akal.

intinya selalu mikir sih kalo beli tiket. jangan gegabah kaya gue – mentang-mentang murah langsung dibeli. tapi kalo rutenya udah yakin ya nggakpapa, sabet aja tiketnya mumpung murah. semoga berguna ya postnya. nulis post panjang-panjang, padahal belom bikin tugas pendahuluan, meriksa laporan anak orang, dan tugas lainnya. tapi alhamdulillah besok masuk siang, BISA NONTON OSCAR! rooting for Jennifer Lawrence and Leonardo DiCaprio albeit their chance of winning is not so great considering Lupita Nyong'o and Matthew McConaughey.

"ngurus flight credit gini emang beli tiket kemana, Ky?" "Singapore aja kok…… tapi udah ada terusannya, males ke Singapore doang" *lari sebelom digetok*

No comments:

Post a Comment