Sunday, March 16, 2014

66 Hours without Bed and Bath: Introduction

dalam rangka merayakan selesainya tugas instrumentasi analitik yang nggak-tau-sebenernya-barusan-gue-bikin-apa itu, mari cerita! sekarang saatnya cerita perjalanan pas long weekend akhir Januari sampe awal Februari kemaren. alhamdulillah dapet promo free seat 0 poin dari AirAsia Big (loyalty programnya AirAsia, http://www.tune2big.com) yang dibeli bulan Juni. berhubung long weekendnya nggak lama setelah liburan, pasti nggak boleh pulang sama mama. jadinya yasudahlah kita ke luar negeri saja. HORANG KAYAH! total tiketnya Rp 298.000 buat Bandung-KL pp dan MYR 108 buat KL-Brunei PP. belakangan disuruh nambah MYR 30 karena ternyata waktu itu airport tax Brunei masih belom masuk harga tiket. jadi total bersih tiket sekitar 700-800ribu lah.

beginilah route map trip kali ini
3.400 miles (~5.470 km)

30 Januari 2014 Bandung – Kuala Lumpur QZ8597 Dep. 18.30LT Arr. 21.30LT
31 Januari 2014 Kuala Lumpur – Bandar Seri Begawan AK1692 Dep. 06.45LT Arr. 09.05LT
1 Februari 2014 Bandar Seri Begawan – Kuala Lumpur AK1697 Dep. 16.25LT Arr. 18.40LT
2 Februari 2014 Kuala Lumpur – Bandung AK1328 Dep. 06.40LT Arr. 08.05LT

ke Brunei kali ini sebenernya banyak banget halangannya. sampe pas bulan Desember kemaren gue uring-uringan karena duit yang udah dialokasiin malah dipake (buat beli tiket, of course. but the ticket is for greater good kok.. *cari cari alesan*). bahkan sampe nulis [CANCELLED] di folder Brunei saking pesimisnya. cuma untungnya sisa uang dari China masih lumayan dan bisa dipake.

persiapan buat trip ini? sedikit banget. cuma download peta bis brunei, sama nyiapin uang. seperti biasa kalo lagi di Bandung, nuker uangnya di GMC Money Changer. kemaren dapet 1 BND 9.540 dan 1 MYR 3.680. ohya, Brunei pake Brunei Dollar. tapi nilai uangnya sama kaya SGD kalo nuker dari rupiah. tapi kalo mau nuker KE rupiah, bakal beda beberapa ratus rupiah sama SGD. emang ye banyak banget akalnya nih money changer. akomodasi? nah ini downsidenya Brunei. akomodasi murah cuma 1. sisanya hotel. dan yang murah itu namanya Pusat Belia, tapi nggak bisa di book via internet. gue kirim email dari kapan tau, kagak dibales-bales. akhirnya nekad go show aja. kalo dapet ya sukur, kalo nggak dapet yaudah deh ngegelandang di airport. gue kesana cuma bawa ransel isinya pakaian ganti sama toiletries.

perjalanan dimulai hari Kamis, 30 Januari 2014. selesai kuliah jam 11, sampe kosan dan siap-siap. berangkat jam 3, tapi mampir dulu ke Indomaret buat belanja. karena trip ini judulnya super-hemat, jadi pake voucher Indomaret dari Ayah buat beli lemonia, malkist, minum, dll. vouchernya 25.000, alhamdulillah cuma nambahin 1.000 perak. lumayan biskuit buat ganjel perut kalo lagi bengong. sampe di Husein Sastranegara yang sangat minimalis itu, cari mesin self-checkin karena gue belom pernah make. eh akhirnya berhasil. bayar airport tax, lalu nunggu counter imigrasinya buka.


sambil nunggu, gue nelpon mama
Eky: Assalamualaikum, ma
Mama: Kumsalaaam
Eky: Ma, he.. he.. hehehehe…
Mama: Kenapa kamu?
Eky: Hehehehe minta izin ya ma
Mama: Astaghfirullaaah, mau kemana kamu?
Eky: Jepang, ma
Mama: Astaghfirullaaah, katanya nggak punya uang? berangkat kapan?
Eky: Kan udah disisain ma, jadi sekarang ada hehehehe. Ini udah di airport
Mama: Pulang kapan?
Eky: Sebentar aja kok ma, hari minggu udah balik lagi
Mama: Astaghfirullah, kuliahnya gimana?
Eky: Kan libur ma hehehe. Ma, becanda kok ma. nggak ke Jepang kok. ke Brunei aja.
si mama istighfar terus… cuma akhirnya dia ngedoain biar sehat dan semuanya lancar, dan ngingetin buat beli tempelan kulkas. selesai nelepon, counter imigrasinya masih belom buka. heran dah padahal udah 30 menit sebelom boarding, tapi masiiih aja belom buka. akhirnya counter imigrasi buka 15 menit sebelom boarding! tapi emangsih waktu itu internasional flightnya cuma flight gue doang dan waiting room cuma seimprit. jadi nggak mungkin ditinggal juga walaupun baru masuk imigrasi 15 menit sebelom boarding. coba kalo di Changi/HKIA, bisa mampus dah lari-lari dari imigrasi ke gate.
 counter imigrasi. diambil 20 menit sebelum scheduled boarding time.

nunggu di waiting room juga cuma sebentar, dan akhirnya boarding call. dengan segala minimalisnya Husein Sastranegara Airport ini, gue tetep cinta sama ini airport karena airport tax nya yang paling murah. domestik cukup bayar 25.000, dan internasional 75.000 (per Januari 2014). semoga nggak pernah naik ya, seenggaknya sampe gue lulus dari ITB. aamiin.

selain itu, enaknya airport ini adalah ditengah kota dan aksesnya yang gampang banget – seenggaknya dari Cisitu. dari Cisitu mau ke bandara tinggal naik angkot 2x. Cisitu-Tegalega, turun di depan Siete (Simpang) bayar 2000. darisitu naik Caheum-Ciroyom, turun di gerbang depan kompleks bandara bayar 4.000. dari gerbang buat ke bandaranya lumayan jauh jalannya, tapi gue nggak bisa ngira-ngira berapa km. waktu itu sempet mau ngukur pake Endomondo, udah dinyalain nih dari gerbang depan dan masukin kantong. pas nyampe bandara, KAGAK JALAN GPSNYA… ya kira-kira 20 menit lah kalo jalan kaki. tapi di gerbang suka ada ojek nawarin 5.000 buat ke bandara. terus gue nyesel pas tau harganya cuma 5000 dan gue waktu buru-buru ngejar pesawat ke Singapore malah bayar 10.000.

tapi gara-gara di kota, runway Bandung Airport ini pendek banget. taxi way pesawat pun nyampur sama runway. jadi dari tarmac (tempat parkir pesawat), bakal belok kanan terus jalan melalui runway. sampe ujung, dia bakal puter balik. abis puter balik, baru deh masuk posisi take-off dan pesawat bisa terbang. pas landing pun nggak kalah lucu. pas landing, satu-satunya jalan buat ke tarmac pasti kelewatan sama pesawat karena ngerem kan butuh waktu. jadi pas ngeremnya udah kelar, pesawat bakal balik badan lagi buat bisa masuk tarmac. gue senyum mulu pas pesawatnya puter balik.

satu lagi!! imigrasi arrival bandara ini menyedihkan banget. karena cuma ada 2-3 counter, jadi antriannya puanjaaang banget. gue sendiri kalo landing pasti harus buru-buru keluar biar nggak lama ngantri imigrasinya. terusss baggage claimnya juga menyedihkan banget. conveyor beltnya cuma 1 arah aja, biasanya kan dia muter terus tuh jadi kalo nggak diambil ya dia muter terus. disini kalo nggak ada yang ambil bakal ditaro di lantai sama petugasnya. tapi sekarang udah sedikit lebih baik conveyornya, kaya dikasih kaca gelap gitu. bulan Mei 2013 kemaren masih minimalis banget tanpa kaca, jadi keliatan kalo petugasnya mindahin bagasi dari mobil ke conveyor. bingung ya ngebayanginnya? nanti deh kalo landing di Bandung lagi gue poto-poto.

lho kenapa jadi out of topic ngomongin bandara bandung. singkat cerita gue masuk pesawat dan kemudian pesawat berangkat menuju Kuala Lumpur. see ya Bandung in 3 days! udahan dulu ya sampe sini nanti dilanjut lagi~
si minimalis

judulnya melas amat ya?

8 comments:

  1. Replies
    1. Halo Yosi,
      Iya nih belom sempet dilanjutin lagi cerita Brunei-nya. Kamu emang ada rencana buat ke sana?

      Delete
    2. iya, saya mau ke sana... Refky mau ikut ? ^__^
      kendala di sana buat backpacker kayak saya di penginapan sama transportasi. Pusat Belia susah di book dan lebih enak on the spot, tapi tanpa jaminan kalau penuh.. jangankan begitu, kita sudah isi aja kalo ada acara kerajaan bisa disuruh keluar (biasanya dipakai buat latihan anak2 atlet, olahraga, latihan tentara, yang gitu2)...
      terus kemana2 lebih enak kalo sewa mobil tapi mahal. Bus murah sih kemana2 cuman $1 tapi ada jalan tertentu yang tidak lewat jalur bus.
      Saya kalo ke singapura suka pake dollar Brunei, tapi kalo ke Brunei pake dollar Singapura, biar disangka turis.. (padahal memang turis) wkwk.

      Delete
    3. Udah kesana dan nggak ada niatan buat balik lagii kecuali gratisan :p
      Iya tuh kalo Pusat Belia mending pastiin dapet kamar darisini, kalo gambling kayaknya susah. Jadi mending booking hotel aja. Jangan kayak saya kemaren, go show ternyata gak bisa ujungnya tidur di bandara…

      Emang mau kemana, Yos? Saya kemarin ke objek wisata utamanya bisa kok naik bis. Haha iya bener saya buang koin SGD di Brunei waktu ituu. Tapi kalo nggak salah mereka nerima yang sen-sen aja, kalo koin 1 SGD gak mau (kalo kertas boleh).

      Berangkat kapan nih emang rencananya?

      Delete
  2. Astagfirullah, astagfirullah. Istigfar terus mamanya jadi ngakak ngebayanginnya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaaa. Kalo sekarang dipikir-pikir semua orang tua pasti kaget sih kalo tau anaknya mau ke luar negeri dan baru ngabarin pas udah di airport :)) Karena merasa bersalah, lain kali nggak mau "bandel:" kayak gitu lagii :p

      Delete
  3. Hai Mas Eky, ga ada terusannya nih? saya pengen banget ke Brunei tapi kayanya bakal solo trip karna ga ada temen yg mau :( butuh referensiii..
    *Eky (nicknamenya samaan), Bintaro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eky di Bintaro yang nickname-nya samaan :))

      Ahh belum sempet dilanjutkan nih ceritanya.. Maafkan saya :(

      Delete