Thursday, February 27, 2014

Review: Lion Air, China Eastern, Spring Airlines, and Scoot

China Eastern Airlines en route to Shanghai PuDong from Beijing

padahal laporan praktikum masih belom kelar, tapi males nerusinnya #dearblog

okeee, mau review pesawat ajadeh, maksudnya cerita tentang pengalaman naik pesawat kemaren. terakhir review kan pas naik A380-nya Malaysia Airlines tuh, udah lama bener. pas China Trip kemaren, 6x naik pesawat. dan 4 diantaranya pesawat baru – sebenernya 5 tapi Lion Air-nya 2x. semua yang direview kelasnya ekonomi ya. tapi ekonominya pesawat ya ada AC-nya lah. ngasih tau ajasih, siapa tau ada yang mikir "naik pesawat ekonomi mana enak nggak ada AC nya, naik eksekutif lah" kaya temen gue. AirAsia X Kuala Lumpur – Beijing nggak direview karena udah beberapa kali naik AirAsia X. jadi pas masuk pesawat juga males mau foto-foto.

1. Lion Air (1)
Route: Jakarta – Kuala Lumpur (CGK-KUL)
Aircraft: 737-900ER
Baggage: free 15kg check-in baggage, 7kg carry-on
Meals: None
AVOD (Audio Video on Demand/Personal TV): None
Aerobridge: none at CGK, yes at KUL
Boarding Pass: kertas loyo kaya AirAsia tapi design nggak kaya struk indomaret.

Review: Lion Air rute internasional berangkatnya dari terminal 2 – entah D atau E gue juga bingung. nilai plus sih buat gue, abis kalo dari terminal 3 kesannya low cost banget gitu. kalo dari T2 kan kesannya sedikit elit (ini gak penting). masuk pesawat.. setdah bapuk amat kursinya?! berdebu dan kotor. belom lagi ada kursi yang bekas muntahan penumpang sebelomnya. kursi? amit-amit kerasnya. sejauh ini, kursinya adalah kursi pesawat terkeras yang pernah gue dudukin. berangkatnya delay dikit, tapi landingnya ahead of schedule. kelebihan Lion Air dibanding AirAsia/Tiger: di KL pake Main Terminal, bukan LCCT.
kotor

kursinya keras dan kaya nggak keurus

2. China Eastern Airlines
Route: Beijing-Capital – Shanghai-Pudong (PEK-PVG)
Aircraft: A330-300
Baggage: free 20kg check-in baggage, 7kg carry-on.
Meals: Breakfast
AVOD: ada layar kecil tiap beberapa baris di tengah, bisa denger lagu pake headset
Aerobridge: none at PEK, yes at PVG
Boarding Pass: kertas bagus


Review: MAHAL NIH! sejauh ini, ini tiket pesawat termahal kalo ngitungnya harga per distance. tapi gapapa deh kan naiknya full-service airline dan kalo liat jadwalnya bakal naik widebody A330. sempet deg-degan karena pas check-in dapet seat 44 tapi di boarding pass tulisannya FRONT SEAT. takut kejadian kaya Philippine Airlines, dapet seat 65 tapi ternyata A321. tapi alhamdulillah ternyata dapetnya A330. kursi empuk, dan lebih lega <—norak, kebiasaan naik low cost carrier. di samping kursi juga ada colokan dan remote buat ganti channel radio. kemudian yang paling ditunggu: inflight meal! pas pramugari mulai ngeluarin cart, gue wondering "bakal dikasih apa yaa? halal nggak yaa?"
dapet yoghurt, sebelahnya sayuran, roti, dan apakah dibalik aluminium foil ituu?

jreeeng. not appetizing. at all.

bevs

worst inflight meal i've ever eaten. even lebih gaenak dari nasi kerasnya Batavia Airlines pas umroh. semacem bubur tapi kebanyakan air. sayurannya juga dingin dan rasanya aneh. huwekkk ngebayanginnya aja enek. jadi cuma makan rotinya aja sama yoghurt. disaat gue buru-buru nutup lagi makanannya, sebelah gue malah buburnya abis bersih. tehnya udah puanas banget, nggak ada rasa pula. jadilah minta mineral water. kasian banget deh lidah gue di flight itu. sekalinya dapet flight yang dikasih makan, malah nggak enak banget rasanya. nasiiib.
boarding pass

see? legaan kan

seat configurationnya 2-4-2

remote

headset


3. Spring Airlines
Route: Shanghai-PuDong – Hong Kong (PVG-HKG)
Aircraft: A320
Baggage: free 15kg check-in baggage and carry-on (combined)
Meals: None
AVOD: None
Aerobridge: Yes, both.
Boarding Pass: kertas loyo macem AirAsia, tapi design kaya Lion Air

Review: this is one of two low cost carriers in China. the ticket is a bit pricey, tho. but we're talking about China here, where almost every airlines publish high fares. oh how i love LCC in south east asia. uneventful flight, yaa kaya AirAsia deh intinya. cuma ini mahal aja tiketnya, padahal itungannya promo. ehya, kalo beli pake international credit/debit card harus verify dulu. jadi harus dibawa ya kartu yang buat beli. gue nggak tau boleh fotokopian apa nggak, tapi kemaren gue pake kartu yang udah digunting (karena rusak) dan nggak ditanya-tanya. baru sekali dapet airline yang beneran ngecek kartu yang dipake buat payment. masalah bagasi, 15 kg gratisan termasuk yang dibawa ke kabin juga yaa. gue sempet parno overweight, jadi sebelom check-in ke kamar mandi dulu buat pake semua sweater dan jaket yang gue bawa. jadi pake long john, luarnya kaos, terus sweater 1, sweater 2. jumper, sama winter jacket. pas ditimbang koper sama ransel, 15.3kg. untung ditoleransi sama mbaknya. abis check-in langsung ke toilet lagi buat masukin sweater ke ransel.
baru sekali dapet boarding pass yang nyantumin harga tiket

legroom

seat config: 3-3, of course.

cabin

4. Scoot
Route: Hong Kong – Singapore (HKG-SIN)
Aircraft: 777-200
Baggage: none
Meals: none
AVOD: none
Aerobridge: yes, both
Boarding Pass: kertas bagus

Review: ini low cost anaknya Singapore Airlines. aircraftnya 777-200 semua. alhamdulillah akhirnya ngerasain Boeing 777, walaupun cuma seri -200. kursinya ya macem AirAsia, tapi warna-warni. item buat kelas ScootBiz (business class), kuning buat ekonomi yang legaan (bayar lebih), biru buat yang ekonomi standar.
boarding pass

legroom

cabin

5. Lion Air (2)
Route: Singapore – Jakarta (SIN-CGK)
Aircraft: 737-800
Baggage: free 15kg check-in baggage, 7kg carry-on.
Meals: none
AVOD: none
Aerobridge: yes at SIN, no at CGK
Boarding Pass: kertas bagus

Review: awalnya udah apatis sama Lion Air karena dapet pesawat jelek pas CGK-KUL. tapi ternyata di flight kali ini pesawatnya bagus, bersih, adem, dan masih baru keliatannya.
keliatan banget bedanya sama yang pertama

legroom. ya buat orang pendek sesempit-sempitnya legroom LCC juga masih bisa selonjoran. mari ucapkan alhamdulillah.

sekian review tentang airline kali ini. semoga bisa lebih sering naik pesawat yang baru-baru, yang full service, yang bagus-bagus deh pokoknya. oh ya, gue pengen banget naik A380 lagi. bahkan pengen coba semua A380. selain itu pengen naik 777-300ER, 787, sama A340. untuk A340 sih pengen banget yang seri -600, tapi nggak ada yang short haul kisaran ASEAN :( jadi naik A340-300 juga gapapa kok. eh ya terus pengen gitu sekali-kali nyobain business class, or even first class, or even suite-nya SQ hihii. berdoa ajadeh biar kesampean..

16 comments:

  1. mas, kalo naik china eastern harus reconfirm ga sih? klo iya gimana caranya?

    ReplyDelete
  2. Kemarin saya booking via eLong.net dan nggak pake reconfirm lagi. Tinggal dateng ke counter check-in dan kasih print bookingan dari eLong.

    Buat ngecek kode booking yang dikasih eLong, saya cek lewat sini
    http://hk.ceair.com/muovc/front/verify/verify!tktVerifyInit.shtml
    Saya sempet parno karena lewat awalnya saya cek disini http://en.ceair.com tapi nggak terverifikasi kode bookingnya, cuma muncul di link yang pertama aja.

    Semoga membantu. Have a pleasant trip yaa :)

    ReplyDelete
  3. akhirnya nemu blogger yang pernah pake Spring juga hehe
    mas, mau nanya pas kmrn beli spring via apa ya? saya coba beli via webnya tapi gagal terus pake CC Ni*aga.. udh telp call center banknya ktnya yang cancel si maskapainya, padahal CCnya ga ada pemakaian dan biasanya oke aja beli tiket pake itu.
    Any idea? Thanks ya

    ReplyDelete
  4. Waktu itu saya beli pake Mandiri Visa Debit Card, Mas. Karena masih mahasiswa dan harus nunjukin kartu yang dipake buat bayar tiketnya pas check-in nanti. Beneran di check kartunya karena sebelom ke meja check-in disuruh ke bagian verifikasi dulu buat dicocokin kartunya. Kalo CC nggak bisa mungkin bisa pake debit card. Kayaknya agak risky kalo pake CC punya orang lain. Maaf kalo nggak terlalu ngebantu.
    Terima kasih banyak Mas sudah mampir :)

    ReplyDelete
  5. mas, waktu beli china eastern beijing - shanghai harga nya brp?
    belinya jauh-jauh hari atau mepet waktunya? via elong.net gampang dan aman kan?
    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Dedi,

      Waktu itu saya beli harganya 566.5 Chinese Yuan (di Rupiahkan sekitar Rp 1.100.000), dengan rincian 550 Yuan tiketnya dan 16.5 Yuan booking fee elong. Pengalaman saya, harga awal yang muncul di hasil pencarian elong belum termasuk tax. Jadi jangan senang dulu, hehe. Waktu itu saya base fare 380 Yuan ditambah tax and fees 170 Yuan, jadi 550 Yuan.

      Untuk kapan belinya, saya beli 1.5 bulan sebelum keberangkatan. Saran saya, jangan beli pesawat domestik China terlalu jauh dari tanggal keberangkatan (lebih dari 6 bulan). Sepertinya 2-3 bulan sebelum keberangkatan sudah muncul harga terendahnya.

      Pengalaman saya via elong.net gampang dan aman kok. Kalau ragu bisa sambil tanya-tanya ke costumer servicenya. Respon mereka cukup cepat.

      Semoga saran saya cukup membantu, Mas. Terima kasih juga sudah mampir kesini :D

      Delete
  6. Alhamdulillah... ketemu juga blog ini... mas, saya ada trip shenzhen-shanghai dan shanghai-beijing untuk bulan apeil 2015. Yap betul seperti mas bilang, berdasarkan hasil trial harga terendahnya baru keluar di 1-1,5bulan sebelu depart date. Pertanyaan saya, bagaimana proses pembayaran akai debit mandiri visa nya mas? Kebetulan saya juga ga punya cc. Ko bisa pakai debit lebih bagus. Terima kasih pencerahannya. Trims.

    ReplyDelete
  7. Halo,

    Sebelumnya, karena mas bilang saya pakai debit berarti ini pemesanan untuk Spring Airlines, ya?

    Pertama, apakah Mas sudah mengaktifkan kartu debit ke Bank Mandiri sehingga bisa digunakan untuk transaksi online layaknya kartu kredit? Jika belum, bisa ke Bank Mandiri dulu agar kartu debitnya bisa diaktifkan untuk transaksi online.

    Apabila sudah, saya juga baru inget kalo waktu itu paymentnya nggak mulus. Tapi saya juga rada burem nih sebenernya karena udah tahun lalu, semoga masih bener.

    Jadi waktu payment kalo nggak salah ada 2 opsi. Yang via Visa/MasterCard dan opsi lainnya (maaf saya lupa opsi detilnya). Awalnya saya coba yang opsi Visa/MasterCard itu, namun gagal menggunakan debit. Akhirnya saya coba opsi yang kedua dan berhasil. Saya juga kurang tahu mengapa bisa begitu, tapi karena berhasil dan eticket sudah masuk jadi tidak saya pertanyakan lebih jauh.

    Maaf sebelumnya kalau tidak jelas, tapi semoga pembayarannya berhasil :)

    Terima kasih sudah mampir kesini :D

    ReplyDelete
  8. ky, gw mau nanya, itu beneran bisa di bayar pake debit mandiri visa?
    gimana caranya??
    masukin no kartu aja gitu kalo kaya pas pake CC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kokk. Kalo lo udah aktifin kartunya di bank mandiri (dateng aja bilang mau pake debit buat online payment) nanti tinggal masukin data kartu pas payment kayak pake cc

      Delete
  9. Mas, mau nanya regulasi bagasi China Eastern (economy class) dong... *maklum udik hihihi*
    Apa bisa kita bawa 2 koper ukuran 24" dengan masing2 koper beratnya 20kg dan 1 tas ransel (dibawa ke kabin)? Atau bakal kena charge yang super mahal? many thaanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Daniar,
      Kemarin saya rute Beijing-Shanghai dapet 20kg aja. Waa banyak banget bawaannya :)) Coba langsung cek aja ke web-nya, atau googling "China Eastern Airlines baggage policy". Karena beberapa airlines punya policy yang berbeda untuk rute yang berbeda.

      Delete
  10. Mas mau nanya yang spring airlines, itu harus verifikasi CC yaa? Waktu mas pake debit atau CC mas ? Soalnya saya rencana shanghai hongkong juga mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agus,
      Iya saya pake Spring Airline Januari 2014 harus verifikasi kartu yang digunakan untuk pembayaran. Waktu itu saya pake kartu debit.

      Delete
  11. Halo mas, Mau Tanya, saya rencana akan terbang pakai scoot, tapi posisi saya tidak punya credit card saya Masih mahasiswa.. ada alternative lain ga ya untuk bayar scoot? Terimakasih

    ReplyDelete