Saturday, October 19, 2013

100% curhat

pikiran lagi gak ada juntrungannya gini. udah di dalem selimut tapi tetep susah merem. ada yang kerasa berat dan jadi malah dipikirin terus. karena post sebelomnya udah agak curcol. sekalian aja ditotalitasin curcolnya. post ini ceritanya gue ngomong sama tembok ya. jadi kalo ada yang baca, telen aja udah jangan dipikirin.

alkisah gue cukup sering ikutan tes IQ gitulah ya. dari jaman seleksi aksel smp sampe pas matrikulasi di itb 2 tahun lalu. tes IQ gitukan biasanya sering ada personality testnya juga tuh. nah bahas yang personality tesnya ya sekarang. karena gue sangat jujur kalo ngerjain yang bagian itu, hasil yang gue peroleh dari smp sampe sekarang ya sama sama aja. personalitynya berkisar di kategori kurang dan cukup. pas smp dan sma, pembahasan personality di kertasnya cenderung bullshit dan template banget. kalo ketekunan skornya segini, percaya diri segini, nanti kalimat-kalimat pembahasannya begini. jadi bahasan gue ya gitu-gitu terus. orang yang ngisi pertanyaannya kan gue, bukan orang lain.

sampe akhirnya di kuliah, ada sedikit perubahan. hasilnya sih mirip sama pas smp&sma, kisaran kurang dan cukup aja personalitynya. kalimat pembahasannya juga gitu gitu aja. cuma pas di itb ini, ada konsultasinya pas mau liat hasil psikotesnya. gue waktu itu sih cuma penasaran sama kategori IQ aja, nggak pengen tau yang lainnya apalagi personality gue. tapi waktu itu dapet psikolog yang setengah dewa kali ya, semua kalimatnya ngena banget. bener-bener spot on dan gue ngerasa "anjir dia siapa sih baru ketemu sekarang tapi kok tau banget".

yang dia jelasin tentang personality gue sama kaya apa yang gue rasain, cuma gue bingung gimana mengungkapkannya. dan mungkin juga sama kaya yang temen/sekitar gue rasain, tapi mereka nggak bilang ke gue. either mereka yang beneran nggak bilang ke gue, atau emang sifat gue aja yang nanti bakal dijelasin.

pertama dia bilang kalo masalah pelajaran, gue cocok-cocokan sama dosennya. kalo dosennya enak ngajar, gue bakal cepet ngertinya. dibanding kalo dapet dosen yang gue dumelin mulu. gue awalnya nggak ngeh, cuma kalo dipikir-pikir dari sd, gue suka matematika karena gurunya. berlanjut di smp yang dapet wali kelas yang keterlaluan baiknya. gitu juga di sma, dan di kuliah. dulu demen banget kimia sampe sempet pengen masuk teknik kimia biar bisa diajarin sama ibu lubna lagi. just fyi, bu lubna ini dosen kimia yang terlalu dewa deh. 'nuff said.

terus dia bahas kalo gue orangnya perfectionist. gue awalnya bingung maksudnya gimana, but after she explained it, i had to pick my jaw up. gilaakk kenapa bisa bener banget??!?! dia bilang gue meticulous banget dan mau semuanya perfect sesuai yang gue inginkan.

terus masalah perfectionist ini nyambung ke masalah gue yang lain: suka ngomentarin orang. gue sama temen gue ketawa pas denger psikolognya ngomong itu. masalahnya temen gue itu partner in crime ngomentarin orang juga. aneh dikit juga dikomentarin. orangnya padahal nggak salah apa-apa, tapi kalo dirasa nggak srek pasti langsung bisik bisik ngomentarin terus ketawa sendiri. kalo udah mahir bahkan ngomentarinnya kalo orangnya ada di sekitar cukup manggil, terus tatap mata 2-3 detik, terus bisa ketawa-tawa. nggak ngomong loh padahal! udah seakut itusih gue kayaknya. maaf ya kalian yang ngerasa pernah dikomentarin sama gue. yang nggak ngerasa juga maafin yaa. terus sifat ini 11 12 sama suka ngomongin orang. ya gitulah dari ngomentarin jadi ngomongin. cuma gue kalo ngomongin orang nggak pake hati kok. jadi buat sekelibat lewat aja. ehya terus gue juga orangnya mudah terhasut (ini pure curcolan gue, bukan kata psikolog). misalnya temen gue tell me something about someone. terus gue merhatiin someone itu sebentar, terus bisa langsung terpengaruh. baik kalo diceritainnya yang baik, karena gue bakal baik-baik juga sama someone tadi. lah kalo diceritainnya yang jelek? gitulah ya pokoknya.

dan tibalah pada point utama post ini. kebiasaan gue yang gue sendiri pun to be honest, nggak suka sama sifat gue yang ini. gue berangsur ngurangin ini dari 2 tahun lalu, dan kayaknya mulai mendingan. sifat apa? paragraf sebelumnya gue bilang kalo gue suka ngomentarin kan? nah, dengan sangat brengseknya, gue nggak suka banget dikomentarin. dikomentarin, dikritik, apalah you name it yang sejenisnya. kalo digituin sama temen yang gue anggep close circle sih masih bisa gue terima (tapi tetep aja pasti panas dan kesel dulu). lah tapi kalo yang ngomong stranger atau orang sok akrab atau sok asik?? elu siape hah ngatur-ngatur idup guwah?! gue nggak suka juga di judge di public (i called 3 or more people around as a public). jadi kalo mau ngomongin, one on one aja. kalo rame rame pasti gue makin emosi karena gue berasa di judge. mungkin maksudnya baik, tapi kalo udah kaya gitu tuh 100% bakal bebel dan yang ada malah gue kesel. gila, annoying banget ya gue. egocentric bastard. yang ini gue menaruh segenap kemampuan gue udah lebih terbuka sama orang. lebih bisa nerima masukan without being condescending to them. condescending disini gue lakukan dalem hati kok, jadi nggak bakal ngerasa juga merekanya.

dan yang terakhir, gue pendendam banget. banget bangetan. sampe gue pernah ngerasa jahat banget sependendam itu sama orang. abis nggak suka kalo gue udah berusaha baik sama orang, tapi malah dibalas dengan air tuba. kesel banget rasanya. kalo udah digituin, bawannya pengen bales dendam dengan segala cara yang mungkin. tapi alhamdulillah selama ini belom pernah aneh-aneh karena dendamnya gue pun akhirnya kependem karena saking baiknya gue(??) nggak tegaan gitu maksudnya. tapi serius deh kalo sekalinya bikin kesel, sekecil apapun (gila gue segininya amat), pasti makin kesananya juga makin malesin guenya. tapi buat close circle gue sangat mencoba buat merelakan aja kalo ada yang rese. abis kalo close circle didendamin, terus gue temenan sama siapa?

udahan kayaknya segitu aja post curcol ditengah mood yang lagi nggak karuan gini. abis bisa-bisanya pas lagi mikirin 1 masalah, dateng yang lain, dan dateng lagi yang lainnya. dan salah satu dari masalah itu cukup bikin gundah gulana. hmm yaudah deh ini kayaknya udah mayan panjang post curcolnya. here's hoping for a brighter tomorrow. cherrs! (udah kaya iklan asuransi)

No comments:

Post a Comment