Sunday, July 19, 2009

Akhirnya, Privat!

tadi, mantan guru privat gue dateng ke rumah. gue yang baru mau jalan beli kerupuk di warung atas suruhan bokap, langsung membatalkan niat karena pengen ketemu manusia pintar itu. namanya Kak Dwi. dia bilang ke nyokap kalo dia udah mau lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

kita ngobrol-ngobrol, gue, bokap, nyokap, sama kak dwi. dia cerita gimana dengan sangat rajinnya, dia ngajarin adeknya yang belom dapet PTN, tapi udah dapet beasiswa di Bakrie School. dia udah bantuin adeknya belajar buat tes beasiswa Jepang. katanya, ada 2 beasiswa Jepang. dari depnaker sama Monbusho. yang depnaker dia gagal karena soalnya banyak yang out-of-the-box. tanggal 29 nanti, adeknya mau tes yang Monbusho. dia sangat mensupport. caranya? karena tidak ada buku yang berisi soal-soal tes beasiswa jepang (yang soalnya sangat jauh dari soal tes SNMPTN), dia terpaksa ke Summit Mas (tulisannya bener nggak?) buat nyari soal-soal tes dari tahun 2001-2008. karena ada copyright, terpaksa dia MENYALIN SEMUA SOAL ITU. belom lagi soal itu ada kodenya. jadi dia harus nyali 16 paket soal.

ohmygod, beda banget sama gue. gue aja disuruh ngajarin adek gue, tapi pake acara marah-marah. apalagi pas mau uas kemaren, adek gue yang kacau banget inggrisnya, terpaksa gue marah-marahin. arti dari "WE" aja dia enggak tau. tapi untungnya, dengan marah-marah gue, nilai rapot bahasa inggrisnya naik.

kita juga ngobrolin masalah kuliah. gimana rasanya di FKUI, terus dia cerita tentang temen-temennya, baik yang di UI, ITB, Jepang, dll. dia juga pernah ngajar Kimia di BTA. ya gitu deh manusia kebangetan pinter. katanya, kalo mau dapet beasiswa Monbusho itu susah banget. dari beribu orang yang ikut seleksi, katanya yang lolos dari Indonesia cuma kurang dari 10 orang. mana gitu, nilai yang lolos itu bakal disejajarin sama peserta tes dari seluruh dunia. alhasil kalo nilainya kurang, ya nggak lolos. contohnya waktu itu pernah, yang lolos dari Indonesia ada 7 orang. tapi yang keterima cuma 2 orang. ckckck. for your info, waktu itu dia pernah ikut tes Monbusho. soalnya gila. tapi... dia keterima. karena gak boleh sama ayahnya, jadi enggak diambil. sayang banget.

pokoknya dia cerita pengalaman dia kuliah, ikut tes beasiswa, gimana persaingan di universitas nanti, pokoknya seru banget deh. obrolan nggak pernah abis. sampe akhirnya dia ditelpon sama bokapnya, obrolan harus cepet-cepet di akhiri. oh iya, kan gue masih bingung tuh, kuliah mau ngambil apa. terus dia ngasih saran buat ikutan tes gitu di.. adadeh. pokoknya katanya itu ampuh banget deh. gue juga ngasih tau hasil psikotes gue yang menyarankan pekerjaan investigatif/enterprising. dia juga analisa tabelnya. katanya, gue tipe orang yang ngerti suatu soal/masalah, tapi susah ngejelasin ke orang. (karena numerik dan non verbal gue tinggi, tapi verbal gue cukup). pokoknya gue ngerti, tapi ya buat gue doang, gue susah transfer ke orang. dan itu bener banget. gue juga agak heran kalo temen gue bilang 'ky, lo tuh enak kalo ngajar' padahal kalo gue ngajar, gue bakal menerapkan prinsip 'gue jelasin sekali. kalo lo ngerti, ya sukur. kalo enggak ngerti, ya derita lo'

di akhir pembicaraan, akhirnya nyokap nyuruh gue privat lagi. tapi kak dwi bilang "saya mantepnya di inggris, matematika, sama kimia. fisika sekitar 50% aja. biologi cuma yang manusia aja, kalo tumbuhan lupa" oke deh kak gapapa, biar saya sama kaya kakak biar pinter! eh cerdas dan kreatif deh.

pas dia pulang, gue ngobrol sama nyokap. pokoknya intinya, kok bisa ada sih orang kaya gitu. rajin abis. pinter. kreatif. bisa cari uang sendiri (dia sering ngajar, ngajar dimana-mana, dia masih S1 tapi udah ngajar orang yang mau ngambil S2). terus ya, dia udah bikin proposal (nyicil-nyicil) dari semester 3. gila gak sih? skripsinya pokoknya ada lisosom (iya gak sih? lupa.), obat, penyakit. terus ya, kan gue nanya "kak, kenapa sih banyak yang mau masuk FK?" dan, yang terucap pertama dari mulutnya "Gengsi" WAHAHAHAHAH SAMA KAK PENDAPAT KITA!

oke, jadi gue mulai privat minggu depan setiap hari minggu siang. alesan gue: minggu siang nggak ada yang seru acaranya -____- akhirnya gue privat, setelah banyak temen gue yang emte dengan cara ikut bimbel BTA, Spectrum, Quantum, Prima Medika, dll. gue enggak mau kalah sama lo semua! weeeek.

3 comments:

  1. WOO EKY GA NYANTE
    udah ki bta aja bareng gw haha, eh TUH ORANG KOK PINTAR BANGET SIH. alumni 8 bukan? trus trus kata dia tentang knp banyak yang mo masuk FK bener juga deh ahaha

    ReplyDelete
  2. apadeh enggak nyante? bukan, dia alumni 70. gak ah, gamau BTA. males. mehehehehhe.

    ReplyDelete
  3. alumni 70 ky? lulus taun berapa dia?

    ReplyDelete